Pemulihan Ekonomi Dibalik Penanaman Mangrove di Maros

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong melakukan penanaman ribuan batang pohon Mangrove di Maros.
Masyarakat melakukan penanaman pohon mangrove di Maros. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Maros - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong melakukan penanaman ribuan batang pohon Mangrove di Pelabuhan Sabang Tambua, Bontobahari, Maros. Penanaman mangrove ini dalam rangka pemulihan ekonomi di Sulsel, lebih khusus warga di Maros.

"Di Sulsel rencanaya program pemulihan lewat penanaman mangrove berpusat di 13 daerah yang memiliki daerah pesisir. Jumlah bibit yang disiapkan oleh KLHK sebanyak tiga juta batang pohon tanaman mangrove," kata Alue, dalam keteragannya, Rabu, 14 Oktober 2020.

Kedepannya program ini bisa diperluas lagi, sehingga nantinya masyarakat yang terlibat bisa lebih banyak.

Ia menyebut, untuk program pemulihan ekonomi melalui penanaman mangrove di pusatkan di Maros. Khusus di Maros sendiri jumlah mangrove yang ditanam sebanyak 100 ribu batang pohon, dengan luas 25 hektar.

Progran ini sendiri kata Alue, upaya memulihkan ekosistem mangrove yang ada di daerah pesisir, karena mangrove merupakan salah satu tanaman, yang bisa memperbaiki kualitas ekosistem laut, sekaligus rumah sebagai biota laut.

"Selain itu, kepada anggota kelompok tani yang terlibat akan mendapatkan tambahan penghasilan. Karena nanti kami akan upah, dan pembayarannya nanti kami akan langsung transfer," tambahnya.

Ia juga menyebut, jika nanti mangrove bagus, maka kualitas perikanan juga bagus, jadi selain perbaikan ekonomi, sekaligus perbaikan ekosistem laut.

"Kedepannya program ini bisa diperluas lagi, sehingga nantinya masyarakat yang terlibat bisa lebih banyak. Harapan kita ini kan inisiasi awal, jadi kelompok tani yang terlibat betul-betul memelihara mangrovenya dengan baik," jelasnya. []

Berita terkait
Maros dan Tiga Daerah di Sulsel Keluar Zona Merah Covid-19
Kabupaten Maros, bersama tiga daerah lain di Sulawesi Selatan keluar dari zona merah Covid-19. Ini nama daerahnya.
KPU Maros Berlakukan WFH Setelah Staf Terinfeksi Covid-19
KPU Maros memberlakukan work from home setelah dua pegawainya terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19
Perda Penanggulangan Covid-19 Maros Hampir Disahkan DPRD
Pemda Maros segera mensahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan Covid-19.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.