Pemprov Sulsel dan IKI Rencanakan Pengadaan RS Terapung

Pengadaan kapal RS sangat penting karena sebagian warga Sulsel berada di pulau-pulau kecil.
Kapal RS Terapung. (Foto: Tagar/BKIP Kemenhub)

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan bersama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) merencanakan pengadaan kapal untuk layanan rumah sakit terapung pada 2022.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, kapal modifiksi itu disiapkan terutama untuk membantu persalinan dan penanganan sakit yang bersifat darurat atau emergensi.

Menurut Andi, membangun kapal terapung lebih mudah dilakukan. tapi yang sulit adalah terkait bagaimana cara pengoperasiannya agar bisa memberikan hasil maksimal dan masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya, khususnya yang bermukim di wilayah kepulauan.

"Tetap direncanakan tahun depan bersama PT IKI. Kita butuhkan perencanaan operasional dulu baru kemudian pembangunannya," katanya kepada awak media, Kamis, 2 September 2021.

Andi menilai pengadaan kapal RS itu sangat penting mengingat sebagian warga Sulsel berada di pulau-pulau kecil yang tersebar di 200 pulau berpenghuni..

Terkait pelayanan di RS terapung, nantinya akan disiapkan tenaga dokter spesialis, terutama untuk membantu proses persalinan. []


Baca Juga:

Kesiapan Rumah Sakit Antisipasi Lonjakan Pandemi Covid-19

BPJS Putus Kontrak Rumah Sakit, Pasien Cuci Darah Menjerit

Ini Tiga Rumah Sakit Rujukan Corona di Sumbar

Pelayanan RS Kesrem Lhokseumawe Sudah Cukup Baik






Berita terkait
Pelindo Siapkan Layanan Kapal Isolasi Terapung
KM Bukit Raya milik PT pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menjadi tempat isolasi apung terpusat bagi pasien Covid-19 di Kota Medan.
Rumah Sakit Apresiasi Bantuan Oksigen Medis dari PLN Group
PT PLN Persero mulai menyalurkan pasokan oksigen medis hasil olah produksi dari PLTGU tindakan ini dapat apresiasi dari pihak Rumah Sakit.
Satu Dari Dua Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Alami Komplikasi
Satu dari dua pasien yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 yang parah terus mengalami komplikasi pada kesehatan mereka
0
Pemprov Sulsel dan IKI Rencanakan Pengadaan RS Terapung
Pengadaan kapal RS sangat penting karena sebagian warga Sulsel berada di pulau-pulau kecil.