UNTUK INDONESIA
Pemimpin Negara Harus Jadi Pelopor New Normal
Martin Manurung mengingatkan para pemimpin yang ada di Tanah Air harus menjadi pelopor dalam menjalani kenormalan baru atau new normal.
Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung saat gelar rapat terkait Jiwasraya bersama Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Tagar/Fernando Pasaribu)

Pematangsiantar - Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung mengingatkan para pemimpin yang ada di Tanah Air harus menjadi pelopor dalam menjalani kenormalan baru atai new normal. Hal ini mengingat situasi sulit akibat pandemi Covid-19 diperkirakan akan terjadi hingga tahun depan.

Para pemimpin harus memberikan kepeloporan dan keteladanan dalam menghadapi situasi sulit saat ini.

Seyogiyanya para pemimpin dari tingkat tertinggi hingga terendah, harus memberikan contoh bagi masyarakat. Menurutnya, masyarakat membutuhkan keteladanan dan cenderung akan meniru para pemimpin mereka di daerah maupun pusat.

“Para pemimpin harus memberikan kepeloporan dan keteladanan dalam menghadapi situasi sulit saat ini,” katanya kepada Tagar, Selasa, 2 Juni 2020.

Keteladanan pemimpin, kata Martin, dapat ditunjukkan dengan kedisiplinan mereka melaksanakan pola hidup sehat yang harus dijalani, sesuai protokol kesehatan saat ini. Mulai dari menggunakan masker dan menghindari pertemuan atau pengumpulan banyak orang.

“Budaya masyarakat kita yang kental dengan patron-client membutuhkan keteladanan itu, karena masyarakat cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh para pemimpinnya. Termasuk soal tata perilaku baru (new normal). Harus dimulai dari para pemimpin,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memprediksi situasi sulit akan dihadapi rakyat Indonesia pada tahun 2020 hingga tahun 2021. Jokowi menyebut masyarakat perlu daya juang menghadapi pandemi Corona.

"Tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah, tahun ini atau bahkan tahun depan situasi yang sulit masih akan kita hadapi, situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa," ujar Jokowi dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 1 Juni 2020. []

Berita terkait
PPP Minta Pemerintah Lakukan Simulasi New Normal
Achmad Baidowi meminta Pemerintah untuk melakukan simulasi terkait new normal.
New Normal, Antusiasme Warga Malang Belanja di Mal
Pasca penerapaan PSBB, Malang Raya saat ini melakukan transisi ke New Normal dengan menerapkan protokol kesehatan ketat di Mal dan rumah ibadah.
Video Conference Masih Tinggi Saat New Normal
Pengamat telekomunikasi Nonot Harsono memprediksi masih banyak penggunaaan video conference pada keadaan kenormalan baru.
0
Seorang Warga Tapsel Ditemukan Tewas di Teras Rumah
Seorang wanita 45 tahun, warga Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, ditemukan tewas dengan luka tusukan di tubuhnya.