UNTUK INDONESIA
Pemerintah Berikan Subsidi Gaji ke 398.637 Honorer
Pemerintah memastikan tenaga kerja dengan status honorer telah menerima bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 perbulan
Abdul Rahim, 49 tahun, seorang guru yang telah mengabdi selama 32 tahun dengan status honorer di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Batumenteng Desa Berutallassa Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa, Sul-Sel. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

JAKARTA – Pemerintah melalui Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi (Satgas PEN) memastikan telah memberi bantuan subsidi gaji kepada 398.637 tenaga kerja honorer bidang pendidikan yang tercatat di Dinas Pendidikan pemerintah daerah setempat.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya berharap program ini dapat diperluas sehingga dapat menambah kuota penerima manfaat.

“Kami terus melakukan validasi data dan semoga saja jumlahnya dapat bertambah lagi,” ujar Rabu, 16 September 2020.

Program subsidi ini, kata Budi, merupakan salah satu agenda penting pemerintah dalam mempertahankan daya beli masyarakat, khususnya yang berasal dari tenaga pendidik. Kepastian penyaluran subsidi kepada 398.637 tenaga kerja honorer merupakan data terakhir yang dihimpun hingga 14 September 2020.

Sebagai informasi, program bantuan finansial dari pemerintah ini dikucurkan sebesar Rp 600.000 perbulan selama empat bulan kedepan bagi pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta. Pemberian pertama dilakukan pada 27 Agustus 2020 oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) bekerjasama dengan BPJamsostek.

Adapun, tenaga honorer yang menerima subsidi gaji adalah peserta yang terdaftar sebagai anggota BP Jamsostek.

Untuk diketahui, sampai dengan Senin, 14 September 2020 salah satu program bantuan tunai (BLT) ini telah menyalurkan dana Rp 7 triliun atau setara 17,43 persen dari pagu Rp37,87 triliun.

Hingga penghujung tahun ini ditargetkan sebanyak 15,72 juta pekerja dapat menerima subsidi ini.

"Target agar penyerapan bisa mencapai Rp100 triliun pada kuartal III/2020 merupakan bagian dari untuk menetralkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto [PDB] yang terkontraksi pada kuartal II/2020," sambung Budi.

Sementara itu, penyerapan anggaran Program PEN sudah mencapai Rp 240,9 triliun atau 34,6 persen dari pagu anggaran Rp695,2 triliun.

Berita terkait
Pesan Jokowi ke Guru: Jaga Semangat Belajar Mengajar
Presiden Jokowi memberikan pesan kepada semua guru yang ada di padang untuk selalu semangat menjalankan aktivitas belajar mengajar di masa pandemi.
Cerita Guru SMPN 7 Padang Dihubungi Jokowi
Seorang guru di Kota Padang merasa bangga bisa berbincang langsung dengan Presiden Joko Widodo meski hanya lewat video call.
Nasib Guru Honorer Cirebon Setelah 75 Tahun Merdeka
Sebagai guru honorer setelah 75 tahun merdeka nasib bagi Ikhrom karena hanya mendapatkan bayaran sebesar Rp 600 ribu setiap bulan
0
Pemerintah Berikan Subsidi Gaji ke 398.637 Honorer
Pemerintah memastikan tenaga kerja dengan status honorer telah menerima bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 perbulan