UNTUK INDONESIA
Pemeran Joker dalam Pusaran Piala Oscar
Aktor Joker sempat dinobatkan sebagai pemenang Piala Oscar dari era Jack Nicholson hingga Heath Ledger. Akankah Joaquin Phoenix merengkuhnya?
Joker yang diperankan Joaquin Phoenix. (foto: goat.com.au)

Jakarta - Aktor pemeran Joker sempat dinobatkan penghargaan prestisius Piala Oscar seperti yang pernah dicapai Heath Ledger dalam perannya di The Dark Knight. 

Sebagai suksesor, akting Joaquin Phoenix dalam film antihero ini menuai beragam reaksi dari para sineas. Bahkan ada yang menyoroti aktingnya layak merengkuh aktor terbaik dalam Academy Award 2020. Lewat perannya, dia mampu membuat penonton ikut merasakan sakit yang dialami Arthur Fleck.

Sebagai musuh bebuyutan Batman, Joker tidak hanya diperankan kedua aktor di atas. Berikut Tagar informasikan aktor pemeran Joker yang pernah meraih Oscar.

1. Jack Nicholson

Jack NicholsonAktor Jack Nicholson. (foto: pagesix.com)

Dalam film Batman besutan Tim Burton yang pertama muncul di layar lebar tahun 1989 terdapat sosok Jack Nicholson sebagai pemeran Joker. 

Aktor berusia 81 tahun ini merupakan aktor papan atas yang satu-satunya sempat meraih nominasi Oscar terbanyak. Dia sempat mengangkat tiga piala Oscar. Predikat aktor terbaik dia angkat dalam film As Good as It Gets dan One Flew Over the Cuckoo's Nest. Sementara pemeran pendukung terbaik Jack capai dalam Terms of Endearment. 

Saat ini Jack Nicholson jarang muncul lagi di layar lebar. Dia merupakan aktor Hollywood yang wajahnya kerap muncul era 1970-an hingga milenium awal.

2. Jared Leto

Jared Leto JokerJared Leto memerankan Joker dalam Suicide Squad. (foto: screenrant.com)

Jared Leto sempat memenangkan kategori aktor pendukung terbaik pada tahun 2014 untuk perannya di film The Dallas Buyers Club.

Penghargaan pertamanya dalam Academy Awards ini diterima atas perannya sebagai Rayon, seorang transgender yang mengidap penyakit AIDS di film tersebut. 

Sayang, performa Jared Leto dalam Joker di Suicide Squad tahun 2016 tidak secemerlang di Dallas Buyers Club. Vokalis 30 Seconds to Mars ini dinilai gagal meneruskan perjuangan pesohornya.

3. Heath Ledger

Heath Leadger JokerHeath Ledger Joker dalam The Dark Knight. (foto: mentalfloss.com).

Heath Ledger mengeluarkan teror kegilaan tanpa ampun di The Dark Knight. Dalam film tersebut Joker mencuri panggung Batman. 

Di The Dark Knight pula, aktor berambut keriting ini membuktikan dapat tampil sebagai antagonis dalam film superhero yang bisa menggondol Oscar. 

Heath Ledger menang di Golden Globe, BAFTA, dan Screen Actors Guild Awards. Mau tak mau The Academy Award memberinya Piala Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik sebagai pemeran Joker. Sayang, piala itu diberikan setelah ia tertidur untuk selamanya. []

Berita terkait
Sinopsis Film Joker, Gelap, Muram dan 'Berbahaya'
Joker merupakan film bergenre psikologi karya sutradara Todd Phillips. Kisah cenderung gelap dan muram dan dinilai dapat memengaruhi psikologi.
Tujuh Kata Bijak Arthur Fleck dalam Film Joker
Joker adalah film cerita seru psikologis Amerika Serikat yang tayang pada 2019. Berikut kata bijak yang bisa dipetik dari Arthur Fleck.
Jokowi Bukan Joker, Tapi Naruto
Kalimat “orang jahat adalah orang baik yang tersakiti” tiba-tiba jadi ngetren.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.