Pemenang Lomba Video KUA Fest 2020 Kementerian Agama

Kemenag lakukan penganugerahan juara lomba Video KUA Fest 2020 di tengah pandemi.
Lomba Video KUA Fest 2020 pada Selasa 27 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Kemenag)

Jakarta – Kementerian Agama melalui Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama umumkan pemenang lomba Video Layanan KUA di masa pandemi Covid-19.

Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas Islam sampaikan bahwa terdapat dua tujuan mengapa lomba ini diadakan. Pertama, guna memotivasi kinerja seluruh jajaran KUA baik PNS maupun pegawai honorer. Kedua, untuk memberikan informasi terbaru kepada masyarakat mengenai layanan KUA di situasi pandemi Covid-19.

Kamaruddin juga menyampaikan besarnya antuasiasme masyarakat terhadap lomba yang pertama kali diadakan ini,

“Lomba video dengan tema layanan KUA ini baru pertama kali diselenggarakan dan Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat tinggi. Ini menandakan bahwa keberadaan Kantor Urusan Agama memiliki makna khusus di kalangan masyarakat,” ucapnya pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Lomba video ini melibatkan berbagai pihak seperti, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Sutradara Film, Sinematografer dan para pakar dibidang kebijakan Kebimasislaman.

Lalu, Lomba Video KUA Fest ini diikuti oleh 857 peserta yang terbagi dalam tiga kategori yakni 402 video kategori KUA, 339 kategori masyarakat umum, dan 116 video kategori jurnalis.

Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi sampaikan apresiasinya terhadap lomba yang secara perdana dilaksanakan ini.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini yang telah menggunakan pendekatan milenial dalam mengenalkan layanan KUA kepada masyarakat," ucap Fachrul saat menghadiri penganugerahan juara lomba tersebut.

Menurutnya, terdapat dua pesan penting yang disampaikan dengan diadakannya lomba video layanan KUA. Pertama, seluruh layanan KUA seperti layanan nikah dan layanan lainnya tetap berjalan di masa pandemi Covid-19.

"Dan masyarakat sebagai pengguna layanan juga peduli terhadap layanan KUA dengan menaati protokol kesehatan," kata Fachrul.

"Kedua, kegiatan ini merupakan model komunikasi publik yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan layanan Kementerian Agama di masa pandemi ini," lanjut Menag.

Pelaksanaan lomba video layanan KUA ini telah berjalan kurang lebih empat bulan. Dimulai dari bulan Juli hingga Oktober 2020 dengan proses yang diawali dengan penyusunan petunjuk teknis sampai penganugerahan yang diadakan pada hari Selasa 27 Oktober 2020.

Berikut daftar pemenang pemenang lomba video KUA:

Kategori Penghulu:

1. Juara I, video berjudul “Dua Titik Penghulu”, KUA Talangpadang dengan nama peserta Ismail.

2. Juara II, video berjudul “Akhirnya ke KUA Juga”, KUA Bungaraya dengan nama peserta Zul Azmi.

3. Juara III, video berjudul “Ikhtiar”, KUA Menggala Timur dengan nama peserta Muakhirin Bazid.

Kategori JFU:

1. Juara I, video berjudul “Minta Lagi”, KUA Sawit Boyolali dengan nama peserta Daryadi

2. Juara II, video berjudul “KUA Dalam Genggaman”, KUA Sawahan dengan nama peserta Sri Endah Ari Pemungkas

3. Juara III, video berjudul “Gegara Covid Menyoal Tanah Wakaf Masjid” KUA Banyudono dengan nama peserta Muhammad Isnaeni

Kategori Pramubakti:

1. Juara I, video berjudul “Ayah Bila”, KUA Jambangan, dengan nama peserta Iftakhul Farikhah

2. Juara II, video berjudul “Layanan Nikah pada Masa Pandemi Covid 19”, KUA Wungu, dengan nama peserta Syahrul Alfiansyakh

3. Juara III, video berjudul “Menghalalkan Mu di Tengah Pandemi”, KUA Bobotsari dengan nama Junedi

Kategori Jurnalis:

1. Juara I, video berjudul “Pelayanan Pernikahan Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Terpencil Lereng Merapi”, dari Beritasatu TV dengan nama Muhammad Nur Rohman

2. Juara II, video berjudul “Layanan KUA di Tengah Pandemi Covid 19”, dari Maadu TV Network dengan nama Ardie Candra Firsttiant

3. Juara III, video berjudul “Inilah Kisah Penghulu Saat Pandemi yang Tak Dapat Diwakilkan atau via Daring” dari MNCTV dengan nama Eri Rebekka Silitonga

Kategori Masyarakat Umum:

1. Juara I, video berjudul “Mario & Zulfa: On The Way Halal 2020”, dengan peserta Livia Fitrianti

2. Juara II, video berjudul “Terobos Aja”, dengan peserta Makhtubullah

3. Juara III, video berjudul “Yang Penting Sah! Insyaa Allah Berkah”, dengan peserta Dwike Nuraini. []

Baca juga:



Berita terkait
Kemenag Bantu Kuota Internet untuk PJJ Pendidikan Agama
Kementerian Agama akan mengalokasikan anggaran triliunan rupiah untuk mendukung pembelajaran jarak jauh pendidikan agama.
Kemenag Rencanakan Materi Khutbah dengan Ormas dan Kampus
Kementerian Agama sedang rencanakan materi khutbah dan akan membahas materinya bersama tokoh agama, ormas dan kampus.
Wamenag: Bantuan Disalurkan Tanpa Potongan Serupiahpun
Wakil Menteri Agama memastikan anggaran yang diterima dari pemerintah tersalurkan ke yang berhak tanpa adanya kecurangan.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.