Pembicaraan Amerika dan Rusia di Tengah Ketegangan di Ukraina

Para pejabat tinggi AS dan Rusia secara resmi melangsungkan pembicaraan khusus tentang stabilitas strategis, 10 Januari 2022
Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman, dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, menghadiri pembicaraan keamanan di Misi Amerika Serikat di Jenewa, Swiss, 10 Januari 2022 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Denis Balibouse)

Jakarta – Para pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) dan Rusia secara resmi melangsungkan pembicaraan khusus tentang stabilitas strategis, 10 Januari 2022, sebagai bagian dari usaha diplomatik di Eropa pekan ini yang bertujuan untuk meredakan ketegangan terkait peningkatan eksistensi militer Rusia di perbatasan dengan Ukraina.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, dan delegasinya tiba di bawah pengawalan polisi Swiss di kantor misi diplomatik AS di Jenewa untuk pembicaraan tatap muka dengan Wendy Sherman, Wakil Menteri Luar Negeri AS, dan timnya. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari pembicaraan “Dialog Keamanan Strategis'' yang diluncurkan oleh Presiden Joe Biden dan Vladimir Putin dalam pertemuan puncak Juni lalu di kota Swiss tersebut.

letak ukrainaLetak geografis Ukraina di Eropa (Sumber: prntr.com)

Setelah jamuan makan malam informal pada Minggu, 9 Januari 2022, Ryabkov memperkirakan pembicaraan di Jenewa itu akan berlangsung sulit. Pembicaraan itu sendiri akan diikuti oleh pertemuan NATO-Rusia di Brussels pada Rabu, 12 Januari 2022, dan pertemuan multilateral Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa di Wina pada Kamis, 13 Januari 2022.

Moskow berusaha untuk memperoleh serangkaian konsesi dari AS dan sekutu-sekutu Baratnya, termasuk jaminan bahwa NATO tidak akan lagi memperluas keanggotaannya ke negara-negara bekas Soviet seperti Ukraina. Untuk memaksakan kehendaknya, Rusia telah menempatkan sekitar 100.000 tentara di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan terjadinya intervensi militer yang lebih parah di sana.

ned priceJuru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, berbicara kepada awak media di kantor Departemen Luar Negeri di Washington, pada 18 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com - Reuters/Andrew Harnik)

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan bahwa pada makan malam, Minggu, 9 Januari 2022, Sherman menekankan komitmen Amerika Serikat terhadap prinsip-prinsip kedaulatan internasional, integritas teritorial dan kebebasan negara-negara berdaulat untuk memilih aliansi mereka sendiri. Pernyataan Sherman itu merujuk ke Ukraina dan aspirasinya untuk bergabung dengan NATO.

“Sherman menegaskan bahwa AS akan menyambut kemajuan-kemajuan yang dicapai melalui diplomasi,” kata Price melalui sebuah pernyataan (ab/uh)/voaindonesia.com. []

Rusia Bantah Penumpukan Pasukan di Perbatasan Ukraina

Sikap Menlu AS dan Jerman Hadapi Ancaman Rusia Terhadap Ukraina

Presiden Putin Sebut Tidak Ingin Konflik dengan Ukraina

Biden Janji Tindakan Tegas Terhadap Rusia Jika Invasi Ukraina

Berita terkait
Sikap Menlu AS dan Jerman Hadapi Ancaman Rusia Terhadap Ukraina
“Amerika Serikat (AS) dan Jerman menunjukkan satu sikap mendukung Ukraina,” kata Menteri Luar Neger (Menlu) AS, Antony Blinken
0
Pembicaraan Amerika dan Rusia di Tengah Ketegangan di Ukraina
Para pejabat tinggi AS dan Rusia secara resmi melangsungkan pembicaraan khusus tentang stabilitas strategis, 10 Januari 2022