Mataram - Pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) terus digeber untuk menyambut gelaran MotoGP yang akan berlangsung di kawasan The Mandalika mulai 2021 mendatang.
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika NTB dalam rilis media yang diterima Tagar pada Jumat, 27 Maret 2020 menyatakan ITDC terus berupaya memastikan berjalannya pembangunan.
Kami juga memastikan bahwa pengerjaan proyek Sirkuit Mandalika ini dilaksanakan dengan selalu mematuhi tata laksana/protokol pencegahan penyebaran Covid-19.
Saat ini progres keseluruhan pembangunan telah mencapai 30 persen, dengan masih berfokus kepada ground work atau pekerjaan tanah. Secara rinci pekerjaan tanah yang telah dilakukan mencakup land clearing yang mencapai 426.375 M2 atau 81,24 persen.
Pemasangan pagar beton precast keliling telah mencapai 5.177 Meter atau 82,83 persen, galian tanah track sebesar 180.824 M3 atau 79,71 persen sementara pekerjaan timbunan tanah mencapai 69.206 M3 atau 18,34 persen.
“Kami pastikan hingga saat ini proses pembangunan Sirkuit Mandalika terus berlangsung dan berjalan normal sesuai timeline yang direncanakan serta ditargetkan selesai sesuai jadwal, yaitu akhir tahun 2020," kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer.
"Kami juga memastikan bahwa pengerjaan proyek Sirkuit Mandalika ini dilaksanakan dengan selalu mematuhi tata laksana/protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan Pemerintah yaitu dengan menjaga sanitasi dan tingkat higienis lingkungan, pemeriksaan suhu tubuh, membiasakan mencuci tangan, penggunaan APD serta penerapan physical distancing,”sambungnya.
Pekerjaan tanah merupakan salah satu bagian penting dari konstruksi Sirkuit Mandalika. Guna membuat Sirkuit Mandalika sesuai dengan regulasi dan standar dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), pengerjaan Sirkuit Mandalika terbagi dari sejumlah bagian dan tahapan yang perlu disiapkan.
Pertama, pengerjaan bagian trek utama (main track) dimana lintasan sepanjang 4,31 KM digali dengan kedalaman satu meter untuk pondasi. Kedua, pembuatan service road di kanan dan kiri trek. Ketiga adalah lapis pondasi agregat atau batu pecah.
Ke empat adalah drainase. Drainase ini berada di sisi kanan dan kiri trek menyesuaikan kemiringan trek itu sendiri. Kelima adalah pengaspalan.
Pekerjaan pengaspalan akan dilaksanakan dengan tiga lapis perkerasan aspal yaitu lapis asphalt concrete-base, lapis asphalt concrete-binder course, dan lapis asphalt concrete-wearing course.
atau di sisi kanan dan kiri yang berfungsi sebagai bahu jalan dan sebagai tanda visual bagi para rider terhadap batas luar dan dalam dari tikungan sebelum .Pembuatan asphalt berm atau verge di sisi kanan dan kiri track yang berfungsi sebagai bahu jalan dan sebagai tanda visual bagi para rider terhadap batas luar dan dalam dari tikungan sebelum run off.
“Kami berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan semua pihak kepada kami. Pembangunan Sirkuit Mandalika, sebagai salah satu elemen utama dalam penyelenggaraan MotoGP di The Mandalika pada 2021 mendatang, dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang direncanakan berkat adanya dukungan dari pemerintah pusat, melalui Kementerian dan Lembaga terkait, dukungan Pemerintah Daerah,serta sinergi BUMN,” ungkap Abdulbar. []