UNTUK INDONESIA
Pemain Persib Bandung Wander Luiz Negatif Covid-19
Penyerang Persib Bandung Wander Luiz dinyatakan negatif Covid-19 usai melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan jalani tes kedua.
Penyerang Persib Bandung Wander Luiz dinyatakan negatif Covid-19 usai melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Dia juga jalani tes kedua yang memastikan sudah negatif. (Foto: Instagram/@wanderluiiz_)

Jakarta - Kabar gembira bagi sepak bola nasional di tengah pandemi Covid-19. Penyerang Persib Bandung Wander Luiz dinyatakan negatif dari virus corona setelah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. 

Kepastian sembuhnya Luiz diketahui setelah pemain asal Brasil ini menjalani tes kedua Polymerase Chain Reaction (PCR). Menurut dokter tim Persib Raffi Ghani pihaknya menerima hasil tes Covid-19 dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Hasil tes kedua Luiz dan ayahnya yang sama-sama sudah menjalani isolasi mandiri dinyatakan negatif," kata Raffi dalam laman resmi klub yang dikutip Antara, Rabu, 15 April 2020.

Pemeriksaan yang kedua ini sama dengan yang sebelumnya, menggunakan metode PCR. Dengan metode ini, virus Covid-19 di dalam tubuh seseorang bisa terdeteksi

Sebelumya, Luiz dinyatakan positif Covid-19. Pemain berusia 28 ini diduga tertular saat berlibur ke Bali. Dirinya pergi berlibur usai pertandingan melawan PSS Sleman di kompetisi Shopee Liga 1 2020. Bahkan Luiz turut mencetak gol yang menentukan kemenangan 2-1 Maung Bandung atas PSS.

Luiz menjadi pesepak bola pertama dan satu-satunya di Indonesia yang positif Covid-19. Setelah menerima kabar bawah dirinya terinfeksi virus tersebut, Luiz langsung melakukan isolasi mandiri selama 14 hari bersama ayahnya, Manoel Bandeira Diaz.

Pemain yang sudah mencetak 4 gol di Persib ini mengatakan dirinya tidak merasakan apa pun gejala umum Covid-19. Dia juga merasa baik-baik saja. Selama masa karantina, pemain bernomor punggung 9 ini kerap mengunggah foto dan video perihal aktivitasnya.

Menuurt Rafi tes kedua yang dijalani Luiz dan ayahnya menggunakan metode PCR. Metode ini juga digunakan oleh Luiz dan rekan-rekannya di Persib saat menjalani tes Covid-19 pada 26 Maret 2020.

"Pemeriksaan yang kedua ini sama dengan yang sebelumnya, menggunakan metode PCR. Dengan metode ini, virus Covid-19 di dalam tubuh seseorang bisa terdeteksi," kata dia.

Kompetisi di Indonesia, seperti di negara lain di seluruh di dunia, dihentikan karena pandemi Covid-19. Liga 1 sendiri baru menjalani 3 pertandingan. 

Persib meraih sukses dengan memenangi semua pertandingan pertama. Hasilnya, mereka pun bertengger di puncak klasemen. Luiz sendiri menjadi top scorer liga. []

Berita terkait
Kronologi Wander Luiz Persib Diserang Virus Corona
Wander Luiz pemain sepak bola yang merumput di klub Persib Bandung, dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, usai dari Bali.
Kondisi Terkini Pemain Persib Positif Virus Corona
Tim dokter klub sepak bola Persib Bandung, Dr. M. Raffi Ghani, ungkap kondisi terakhir pemain yang diidentifikasi positif terinfeksi virus corona.
Satu Pemain Persib Bandung Positif Virus Corona
Seorang pemain sepak bola yang merumput di klub Persib Bandung, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
0
Ada Warga Positif Corona, Banjar di Bali Diisolasi
Sekitar 1200 warga Desa Abuan Bangli, Bali menjalani rapid test, menyusul ada sejumlah warga tertular virus corona Covid-19.