Peluang City Lawan PSG di Leg II Semifinal Liga Champions

Manchester City jadi tuan rumah di leg kedua semifinal Liga Champions hadapi PSW pada Selasa, 4 Mei 2021, atau dini hari WIB Rabu, 5 Mei 2021
Manchester City (Foto: mancity.com)

Jakarta – Pelatih Paris St-Germain (PSG) menghadapi penantian yang mencemaskan untuk melihat apakah Kylian Mbappe akan fit untuk menghadapi tuan rumah Manchester City di leg kedua semifinal Liga Champions, pada hari Selasa, 4 Mei 2021, atau dini hari WIB Rabu, 5 Mei 2021.

Di leg pertama Manchester City bangkit dari ketertinggalan untuk memenangkan laga semifinal Liga Champions melawan PSG dengan skor 2-1 pada Rabu, 28 April 2021, lalu.

Kylian, striker, 22 tahun, itu melewatkan kemenangan hari Sabtu, 1 Mei 2021, atas Lens karena cedera betis.

psg1Bos PSG, Mauricio Pochettino, bersama pemain (Foto: en.psg.fr)

Bos PSG, Mauricio Pochettino, mengatakan pencetak gol terbanyak di PSG itu akan dipantau selama latihan sebelum keputusan dibuat apakah Mbappe diturunkan pada pertandingan di kandang City. "Kami perlu menilai Kylian," kata pemain Argentina itu, yang timnya tertinggal 2-1 dari leg pertama.

"Hari ini dia akan memulai sesi latihan individu dan melihat apakah dia bisa bersama tim. Masih ada satu hari dan kami akan melihat dan memutuskan apakah dia akan tersedia," ujar Pochettino.

Kylian Mbappe, pemain internasional Prancis ini, telah mencetak 37 gol dalam 43 penampilan di semua kompetisi musim ini, termasuk delapan dari 10 pertandingan Liga Champions.

PSG ingin mencapai final Liga Champions untuk tahun kedua berturut-turut, setelah kalah dari Bayern Munich di Lisbon musim lalu.

pep guardiola2Manajer Manchester City, Pep Guardiola (Foto: mancity.com)

Untuk melakukannya, Pochettino mendesak timnya untuk lebih klinis daripada di leg pertama di Paris. "Kami akan berusaha memberikan kepercayaan dan kepercayaan kepada para pemain," kata Pochettino dengan nada yakin.

"Tujuannya adalah untuk merampas penguasaan bola, tapi itu tantangan. Mereka telah bermain enam tahun di bawah filosofi yang sama dengan Pep,” ujar Pochettino.

Pochettino melanjutkan, "Kami berusaha untuk mendapatkan lebih banyak keseimbangan. Kami harus siap menderita di beberapa momen pertandingan. Kami harus klinis dan agresif."

City mendekati leg kedua seperti game lain. “City akan memperlakukan leg kedua ‘seperti pertandingan lain’", kata manajer Pep Guardiola saat mereka berusaha mencapai final Liga Champions pertama mereka.

"Kami tiba di momen yang bagus dan saya berkata kepada para pemain, 'Jangan terlalu banyak berpikir untuk memenangkan pertandingan'," kata Guardiola. "Itu adalah pesan yang sama dalam enam bulan terakhir."

Guardiola memenangkan dua kali kompetisi Liga Champions dengan Barcelona, tetapi ini adalah yang terjauh yang dia dapatkan dalam lima upaya bersama City.

"Kami mendekati game ini seperti game lain," tambah Guardiola. "Kami memulai dengan keunggulan kecil tetapi kami harus bermain untuk memenangkan pertandingan. Hanya ini yang akan kami lakukan." City berharap untuk mencapai final Eropa pertama selama 51 tahun.

Pemimpin klasemen sementara Liga Premier Inggris ini tidak memiliki masalah cedera baru, dengan Guardiola mengistirahatkan Ilkay Gundogan, Kevin de Bruyne, Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Kyle Walker, Ruben Dias dan Phil Foden untuk kemenangan 2-0 City atas Crystal Palace pada hari Sabtu, 1 Mei 2021.

City memiliki peluang 57% untuk memenangkan Liga Champions. Simon Gleave, kepala analisis olahraga, Nielsen's Gracenote, mengatakan: "Setelah menang 2-1 di Paris, Manchester City sekarang memiliki lebih dari 50% peluang untuk mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka pada akhir bulan ini.”

neymarBintang PSG, Neymar (Foto: en.psg.fr)

"Tim nomor satu di Indeks Klub Euro kami (www.euroclubindex.com) diperkirakan memiliki peluang 87% menyelesaikan pekerjaan menyingkirkan Paris St-Germain dan 57% peluang memenangkan kompetisi."

Statistik:

Manchester City tidak terkalahkan dalam empat pertemuan Eropa sebelumnya dengan PSG (W2 D2), memenangkan pertandingan kandang terakhir mereka melawan mereka pada April 2016 di leg kedua perempat final Liga Champions musim itu.

PSG hanya menghadapi AC Milan (empat kali) lebih sering tanpa kemenangan di Liga Champions daripada melawan Man City (tiga).

Man City telah memenangkan enam pertandingan Liga Champions terakhir mereka dan kemenangan di sini akan membuat mereka memecahkan rekor kemenangan terlama yang dijalankan oleh tim Inggris dalam sejarah Piala Eropa. Tiga tim lain telah menang enam kali berturut-turut: Manchester United (1965-66), Leeds United (1969-70) dan Arsenal (2005).

PSG lolos dari pertandingan sistem gugur Liga Champions terakhir mereka ketika kalah di leg pertama, memulihkan defisit 2-1 di leg pertama melawan Borussia Dortmund di babak 16 besar musim lalu untuk maju 3-2 secara agregat. Namun, dalam sejarah utama Eropa mereka, tim Prancis tidak pernah maju setelah kalah pada pertandingan pertama babak sistem gugur di kandang.

Jika Manchester City maju, mereka akan mencapai final Eropa pertama mereka selama 51 tahun, sejak memenangkan final Piala Winners 1970 melawan Gornik Zabrze. Ini akan memecahkan rekor jarak terpanjang antara penampilan di final Eropa, yang saat ini dipegang oleh Sporting Lisbon (41 tahun antara final Piala Winners 1964 dan final Piala UEFA 2005). (bbc.com/sport/football). []

Berita terkait
Manchester City Butuh Satu Kemenangan Jadi Juara Liga
City akan mengamankan gelar ketiga dalam empat musim jika tim urutan kedua Manchester United kalah di kandang dari Liverpool
Neymar Cetak Gol Pembuka untuk PSG di Laga Lawan Lens
Neymar cetak satu gol dan memberi assist saat PSG mengalahkan Lens sehingga makin dekat ke puncak Ligue 1
Bawa 3 Poin dari Goodison Park, Man City Nyaman di Puncak Klasemen
Klub asal Kota Manchester, yakni Manchester City berhasil membawa pulang tiga poin dari markas Everton.
0
Peluang City Lawan PSG di Leg II Semifinal Liga Champions
Manchester City jadi tuan rumah di leg kedua semifinal Liga Champions hadapi PSW pada Selasa, 4 Mei 2021, atau dini hari WIB Rabu, 5 Mei 2021