UNTUK INDONESIA
Pelatih Persipura Beberkan Kemenangan Atas Persebaya
Pelatih Jacksen F. Tiago membeberkan kemenangan Persipura Jayapura melawan Persebaya Surabaya. Dia maksimalkan lini belakang Persebaya yang lemah.
Persipura Jayapura menann 4-3 atas Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat 13 Maret 2020. Tampak striker Persebaya David Da Silva (kiri) berebut bola dengan pemain Persipura Donny Monim di laga itu. (Foto: Antara/Moch Asim)

Surabaya - Persipura Jayapura meraih kemenangan di markas Persebaya Surabaya di pertandingan Shopee Liga 1 2020. Tampil di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat 13 Maret 2020, Persipura menang 4-3. Pelatih Jacksen F. Tiago pun membeberkan kemenangan timnya di laga tandang itu. 

Kemenangan atas Persebaya memang mengesankan karena diraih Persipura di kandang lawan. Di laga itu, tim Mutiara Hitam sukses menjebol gawang tuan rumah sampai 4 kali melalui 2 gol Thiago Eduardo Amaral, dan 1 gol masing-masing dicetak M Tahir dan Ferinando Pahabol.

Menurut pelatih Jacksen kemenangan Persipura tidak terlepas dari evaluasi besar-besar yang dilakukannya setelah kalah 2-0 dari Borneo FC. Usai laga di Samarinda, tim langsung menuju Surabaya untuk melakukan persiapan khusus.   

Kami juga melihat sektor pertahanan Persebaya sedikit longgar dari sisi sayap yang kemudian kami memanfaatkan

"Kemenangan ini diraih setelah evaluasi kekalahan dari Borneo FC. Kami lakukan evaluasi besar-besaran dan pemain digembleng selama seminggu untuk memperbaiki kesalahan itu," kata Jacksen.

Tak hanya itu, pelatih asal Brasil itu juga sudah menganalisis kelemahan Persebaya. Terutama pada lini belakang yang dinilainya kurang memiliki organisasi yang baik.

Jacksen pun membeberkan kunci kemenangan timnya. Dia menginstruksikan pemain melakukan lebih banyak tendangan spekulatif dari jarak jauh. Pasalnya kiper Persebaya, Rivky Mokodompit sering kesulitan menghadapi bola-bola tersebut.

"Jadi rencana itu yang kami persiapkan. Saya mendorong pemain melakukan banyak tendangan spekulatif jarak jauh. Kiper Persebaya kesulitan menangkap bola tendangan ini," ujar dia.

Jacken juga melihat pertahanan Persebaya cukup longgar, terutama di kedua sayap. Kelemahan itu yang dimanfaatkan Persipura secara maksimal. Apalagi, tim memiliki pemain yang cepat seperti Pahabol yang bisa merepotkan pertahanan tim besutan Aji Santoso.

"Kami juga melihat sektor pertahanan Persebaya sedikit longgar dari sisi sayap yang kemudian kami memanfaatkan. Beruntung, pemain kami mampu merepotkan Persebaya," ujar legenda Persebaya ini.

Persipura Tak Perkirakan Cetak 4 Gol

Sementara itu, pemain Persipura, Israel Wamiau menyampaikan bersyukur bisa meraih 3 poin di depan Bonek. Menurutnya tidak mudah meraih poin di Surabaya. Bahkan dia tak memperkirakan tim bisa mencetak banyak gol dan memenangkan pertandingan. 

"Kami sangat bersyukur bisa ambil 3 poin di kandang Persebaya. Terus terang sulit meraih poin di sini. Apalagi kami baru saja menelan kekalahan," ucap Israel.

Menurut dia kegagalan striker Persebaya David da Silva mengeksekusi penalti saat laga baru berjalan 6 menit menjadi titik awal kebangkitan Persipura. Semangat pemain menjadi berlipat dan mereka lebih yakin menghadapi laga itu.

"Setelah David da Silva gagal penalti, kami makin percaya diri dan tampil lebih tenang," ujarnya.

Hasil itu menjadikan Persipura naik ke peringkat 3 dengan poin 6. Sedangkan Persebaya yang baru meraih 1 poin turun ke peringkat 14. []

Berita terkait
Drama 7 Gol, Persebaya Kalah Karena Kurang Beruntung
Persebaya kehilangan poin dalam drama 7 gol. Di laga Shopee Liga 1 2020 d kandang sendiri, Persebaya dipaksa menyerah 3-4 oleh persipura Jayapura.
Persebaya Vs Persipura, Suporter Dites Suhu Badan
Suporter yang menyaksikan laga Persebaya Surabaya melawan Persipura Jayapura akan dites suhu badan. Ini untuk antisipasi virus corona.
Persebaya Siap Jaga Tren Kemenangan Lawan Persipura
Persebaya Surabaya ingin menjaga tren kemenangan saat bertemu Persipura Jayapura. Persebaya tak ingin gagal seperti saat ditahan Persik Kediri 1-1.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.