UNTUK INDONESIA
PDIP Siantar Mulai Jaring Bakal Calon Wali Kota
PDIP Kota Pematangsiantar mulai membuka penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota.
Ketua Tim Penjaringan PDIP Kota Pematangsiantar, Imron Togi Siregar. (Foto: Istimewa)

Pematangsiantar - PDIP Kota Pematangsiantar mulai membuka penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam perhelatan Pilkada Tahun 2020 mendatang.

Ketua Tim Penjaringan Imron Togi Siregar, Sabtu 31 Agustus 2019, menyebut pihaknya membuka pendaftaran atau penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar mulai 3-21 September 2019.

Dia menyebut, pendaftaran ini dibuka merujuk surat DPP PDIP nomor: 356/IN/DPP/VIII/2019, perihal Instruksi Melakukan Pemetaan Daerah dan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020, yang diteken Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto, tertanggal 28 Agustus 2019.

Untuk pendaftaran kata Togi, dilakukan di kantor DPC PDIP Jalan Mayjend Rikardo Siahaan No. 11, Kelurahan Aek Nauli, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Siapapun figur yang memiliki niat maju menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, PDIP membuka pintu

Sejumlah syarat kepada pendaftar antara lain, menyerahkan pas foto warna terbaru ukuran 4 x 6 sentimeter sebanyak empat lembar, foto copy KTP yang masih berlaku, foto copy Kartu Keluarga, foto copy NPWP, menyerahkan daftar riwayat hidup, berpendidikan sekurang-kurangnya SLTA sederajat.

"Kemudian, mempunyai visi misi, data tentang masyarakat Kota Pematangsiantar serta uraiannya menyangkut rencana kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang," tukasnya.

Dia juga menyebutkan, bakal calon wali kota dan wakil wali kota diwajibkan menyerahkan surat permohonan menjadi bakal calon serta menandatangani surat pernyataan pemberkasan.

"Siapapun figur yang memiliki niat maju menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, PDIP membuka pintu dan akan dijaring sesuai mekanisme internal partai," ungkapnya.

Togi menegaskan, dalam penjaringan tidak akan melihat figur sebagai kader atau non kader. Pendaftaran terbuka bagi siapa saja.

Merespons ini, salah seorang calon anggota DPRD Kota Pematangsiantar periode 2019-2024 yang akan dilantik pada Senin 2 September 2019, Astronout Nainggolan, menyebut dirinya berencana mendaftar ke PDIP. Dia sendiri merupakan kader partai ini.

"Rencana begitu. Resminya tunggu pendaftaran di PDIP Siantar," ujar pria kelahiran Pematangsiantar, 29 November 1969 itu.

Astronout yang masa SMP pernah bekerja sampingan sebagai tukang becak di Pasar Parluasan, lahir dan besar di Jalan Balige I, Kota Pematangsiantar dari seorang ibu boru Limbong.

Selain tukang becak, dia juga pernah jadi tukang parkir semasa kuliah di Politeknik Sipil USU Medan, pernah melakoni sebagai penjual koran di pinggir jalan dan merupakan alumni SMA Negeri 1 Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, figur lainnya Alpeda Sinaga yang santer disebut juga bakal bertarung di Pilkada Tahun 2020, menyebut ada niat mendaftar.

Namun dia enggan memastikan, karena masih harus berkoordinasi dengan sejumlah parpol lainnya yang sudah terbangun komunikasi politik selama ini. []

Berita terkait
Kreativitas Seni dan Revolusi Mental Pemuda Siantar
Festival Kampungku yang diselenggarakan oleh Kecamatan Sitalasari, Kota Pematangsiantar, Sumut, jadi ajang unjuk kreativitas seni warga
Liberty Panjaitan Punya Kans Menang di Pilkada Siantar
Menurut Ridho, sosok yang masih berkarier di kepolisian itu memiliki potensi dikenal, diterima dan dipilih.
Wali Kota Siantar Tolak Pilkada 2020
Wali Kota Pematangsiantar menolak Pilkada digelar pada tahun 2020.
0
Satu Keluarga di Pessel Diisolasi di Rusunawa Panian
Satu keluarga di Pessel harus menjalani isolasi di Rusunawa Panian karena pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19.