UNTUK INDONESIA
Pasien Suspect Corana di Sumbar Pulang dari Thailand
Warga Sumatera Barat yang dilaporkan suspect corona pulang dari perjalanan luar negeri. Dia sudah enam hari dirawat di RSUP M Djamil Padang.
Penjabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang, Gustavianof. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Seorang warga Sumatera Barat (Sumbar) dilaporkan suspect corona dan telah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang. Pasien berjenis kelamin perempuan itu telah dirawat di ruang isolasi sejak enam hari terakhir.

Pasien ini baru pulang perjalanan dinas luar negeri, dari Thailand. Kondisinya sekarang sudah membaik.

Hal itu dibenarkan Penjabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang Gustavianof. Menurutnya, pasien itu merupakan rujukan dari salah satu rumah sakit di Sumbar.

"Saya tidak bisa beberkan dari mana daerahnya, yang jelas dari salah satu daerah di Sumbar," katanya kepada Tagar, Senin, 2 Maret 2020.

Pasien itu menurutnya mengalami flu dan batuk. Namun, kondisinya hari ini sudah jauh membaik. Batuknya sudah hilang, suhu badannya juga mulai bagus.

"Pasien ini baru pulang perjalanan dinas luar negeri, dari Thailand. Kondisinya sekarang sudah membaik," katanya.

Pihaknya juga telah mengirimkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan pasien ke Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Dalam waktu dekat, hasil laboratorium akan keluar untuk menentukan apakah pasien betul-betul terjangkit virus corona atau tidak.

"Paling lama sekitar 1-2 hari ke depan keluar hasilnya. Tapi kecil kemungkinan corona," katanya.

Sejauh ini, kata Gustafianof, sudah ada dua pasien yang dirawat secara intensif dan berada di ruangan khusus. Pihaknya mengklaim sudah siap jika seandainya merawat pasien suspect corona di Sumbar dalam jumlah banyak.

"Total ada delapan ruangan kami sediakan dan tenaga yang siap untuk penanganan (corona) itu," tuturnya. []

Berita terkait
Cara Membuat Masker Sendiri untuk Cegah Corona
tips alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti masker untuk menutup wajah menggunakan tisu basah.
Tenaga Medis China Gugur Pasca Rawat Pasien Corona
Wabah virus corona di Wuhan, China, ternyata membawa petaka bagi dunia medis di sana, paling tidak ada 10 dokter yang gugur setelah merawat pasien
Gubernur Sumbar Minta Warga Tak Panik Virus Corona
Gubernur Sumatera Barat meminta masyarakat tidak panik dengan telah masuknya virus corona ke Indonesia.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.