UNTUK INDONESIA
Pariwisata Bali Coba Bangkit Pasca Virus Corona
Dinas Pariwisata Bali mengapresiasi langkah pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan menggairahkan kembali sektor pariwisata pasca virus corona.
Sejumlah wisatawan antre naik ke kapal cepat untuk menyeberang ke Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (25/1/2019). (Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo/nym)

Bali - Wabah virus corona di Wuhan, China benar-benar memberikan dampak langsung bagi pariwisata Bali. Pemerintah Provinsi (Pemporv) Bali berusaha mengembalikan kejayaan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa mengatakan akibat wabah virus corona membuat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), khususnya dari China menurun drastis. Apalagi, wisman dari China berlibur ke Bali merupakan terbesar kedua setelah Australia dari total 6,3 juta. 

Perlu langkah bersama untuk kembali meningkatkan pariwisata Bali. Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat yang langsung mengatasi dampak penyakit virus corona terhadap perekonomian Bali.

Beruntung pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata menaruh perhatian lebih dengan kondisi pariwisata Bali pasca dihantam isu virus corona.

"Perlu langkah bersama untuk kembali meningkatkan pariwisata Bali. Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat yang langsung mengatasi dampak penyakit virus corona terhadap perekonomian Bali," ujarnya kepada Tagar saat ditemui di Denpasar, Bali, Rabu 26 Februari 2020.

Untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder di Provinsi Bali sebagai langkah jangka pendek dan menengah.

"Penurunan jumlah wisatawan dari Tiongkok sangat dirasakan pelaku usaha seperti hotel, perjalanan pariwisata, pemandu wisata, dan juga pengrajin oleh-oleh Bali," ucapnya.

Ia menambahkan sektor pariwisata merupakan sumber terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Bali. Bahkan sektor pariwisata memberikan kontribusi hingga 50 persen terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto.

Ia pun bersyukur pemerintah pusat telah membantu dengan mengeluarkan kebijakan untuk pemulihan pariwisata Bali. []

Berita terkait
Daftar Negara Eropa Positif Kena Virus Corona
Beberapa negara di Eropa mulai mengonfirmasi positif terkena virus corona atau yang dikenal dengan Covid-19.
Virus Corona Insan Pariwisata Bali Gelar Doa Bersama
Pelaku usaha pariwisata Bali berharap wabah virus corona bisa segera berakhir agar wisatawan dari China bisa kembali datang berlibur ke Bali.
Virus Corona Berpotensi Ganggu Pariwisata Bali
Ketua GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana meminta kepada Pemprov Bali untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Bali
0
Denny Siregar: Di Balik Ngamuknya FPI
Yang ngamuk-ngamuk seperti anggota FPI itu pasti tidak paham makna puasa di bulan Ramadan ini. Makanya sibuk minta dihormati. Denny Siregar.