Panglima TNI Imbau Daerah Punya Fasilitas Isolasi Terpusat

Panglima TNI juga menyebut tempat-tempat isolasi itu juga dapat memberi pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 bagi yang mebutuhkan.
Tenda Isolasi. (foto: Tagar/Setkab)

Jakarta - Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa ketersedian tempat isolasi terpusat di tiap daerah penting demi mengurangi beban rumah sakit yang saat ini telah cukup banyak menampung pasien Covid-19.

Ia menyatakan, setiap daerah harus memiliki fasilitas isolasi secara terpusat (isoter) yang dapat digunakan para suspek dan pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan dalam proses penyembuhan.

"Isolasi terpusat ini bertujuan menampung pasien Covid-19 dan memberikan pelayanan terbaik seperti adanya tenaga kesehatan, adanya fasilitas dan dilengkapi dengan obat-obatan termasuk di dalamnya tabung oksigen,” kata Hadi Tjahjanto dari keterangan tertulisnya, Minggu, 25 Juli 2021.

Jika ada lonjakan kasus, kata ia, maka tiap daerah siap menampung mereka di tempat-tempat isolasi terpusat itu. Langkah tersebut merupakan salah satu cara memutus rantai penularan Covid-19 dan menekan laju penyebaran penyakit.

Panglima TNI juga menyebut tempat-tempat isolasi itu juga dapat memberi pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19, antara lain memberi obat bagi mereka yang membutuhkan.

"Selain untuk melayani pasien, isolasi terpusat ini juga dapat memberikan obat untuk masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi," katanya.

Di samping sarana isolasi terpusat, Panglima menyebut vaksinasi dan kegiatan pelacakan (tracing) secara aktif juga dapat membantu menurunkan jumlah penderita Covid-19.

TNI dan Polri, lanjut ia, akan mendukung kegiatan vaksinasi dan pelacakan suspek dan pasien positif Covid-19 di daerah-daerah.


Isolasi terpusat ini bertujuan menampung pasien Covid-19 dan memberikan pelayanan terbaik seperti adanya tenaga kesehatan, adanya fasilitas dan dilengkapi dengan obat-obatan termasuk di dalamnya tabung oksigen.


Panglima TNI mengecek dan datang langsung ke sarana isolasi terpusat di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta, untuk memeriksa pelaksanaan tracing di tempat itu.

"Kedatangan saya ke Bantul adalah untuk mengecek secara langsung apakah di setiap puskesmas sudah ada tenaga tracing untuk menerima informasi, notifikasi, dari Dinas Kesehatan ke puskesmas," ujarnya. []

Baca Juga: Pakar: Sangat Tepat Jika KSAL Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Berita terkait
Panglima TNI Pastikan Obat Isoman Gratis Tepat Sasaran
Presiden Jokowi perintahkan TNI untuk mengoordinasikan pendistribusian paket obat terapi Covid-19 kepada pasien isolasi mandiri (Isoman)
Imparsial: Calon Panglima TNI Harus Miliki Komitmen HAM
Direktur Imparsial Gufron Mabruri mengatakan, presiden perlu mempertimbangkan rekam jejak, prestasi, serta komitmen terhadap reformasi TNI.
Panglima TNI dan Kapolri Sidak ke Wisma Atlet Kemayoran
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melihat langsung situasi dan persiapan rusun untuk tempat isolasi terpusat pasien Covid-19.
0
Panglima TNI Imbau Daerah Punya Fasilitas Isolasi Terpusat
Panglima TNI juga menyebut tempat-tempat isolasi itu juga dapat memberi pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 bagi yang mebutuhkan.