UNTUK INDONESIA

Pangeran Philip Meninggal Dunia dalam Usia 99 Tahun

Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, meninggal dunia dalam usia 99 tahun.
Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip. (Foto: Instagram/theroyalfamily)

Jakarta - Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, meninggal dunia dalam usia 99 tahun. Kabar duka kepergian tokoh terkemuka dalam keluarga kerajaan Inggris selama hampir tujuh dekade itu, diumumkan Istana Buckingham, pada Jum'at, 9 April 2021 waktu setempat.

"Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," kata pihak Istana Buckingham dalam pernyataan resminya, dikutip Tagar pada Jumat, 9 April 2021.

"Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan disampaikan pada waktunya. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia yang berduka atas kepergiannya," kata mereka.

Laman Reuters melaporkan, Pangeran Philip telah mendampingi istrinya selama 69 tahun pemerintahannya, yang merupakan masa kepemimpinan terpanjang dalam sejarah Inggris.

Pria memiliki reputasi sikap yang keras, tanpa basa-basi, dan kecenderungan untuk sesekali membuat kesalahan itu dikenal dengan gelar resmi Duke of Edinburgh.

pangeran philipsPangeran Philip saat menghadiri Kontes Diamond Jubilee di Sungai Thames di London, 3 Juni 2012. (Foto: dok). Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth meninggal dunia pada usia 99 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Philip, yang merupakan seorang pangeran Yunani, menikah dengan Elizabeth pada tahun 1947 dan memainkan peran kunci dalam memodernisasi monarki dalam periode pasca-Perang Dunia Kedua.

Di balik tembok Istana Buckingham, Philip menjadi satu-satunya tokoh kunci yang dapat dipercaya dan dipercayai oleh ratu.

Dalam penghormatan pribadi yang langka kepada Pangeran Philip lewat pidato menandai ulang tahun pernikahan mereka yang ke-50, Elizabeth menggambarkan sosok suaminya yang terus mendukungnya.

"Dia, secara sederhana, telah menjadi kekuatan saya dan bertahan selama ini," kata Ratu Inggris. []

Berita terkait
Bintang Film Pengkhianatan G 30 S/PKI, Wawan Wanisar Meninggal Dunia
Aktor senior Tanah Air, Wawan Wanisar, dikabarkan meninggal dunia pada Senin, 29 Maret 2021.
Jaksa Agung Era SBY, Basrief Arief Meninggal Dunia
Mantan Jaksa Agung, Basrief Arief, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 74 tahun, pada Selasa pagi, 23 Maret 2021.
Habib Musthofa bin Ja'far Assegaf Meninggal Dunia Saat Baca Maulid
Ulama dari Majelis Nurul Mustofa, Habib Musthofa bin Jafar Assegaf, meninggal dunia pada Minggu, 14 Maret 2021.
0
Bams dan Desiree Tarigan Terancam Pasal 333 KUHP, 8 Tahun Penjara
Bams dan ibundanya, Desiree Tarigan, dituduh merampas kemerdekaan pembantu rumah tangga, menyekapnya, Pasal 333, terancam penjara delapan tahun.