Panduan Live Shopping: Membantu UMKM Berkembang di Era Digital

Artikel membahas bagaimana UMKM dapat memanfaatkan live shopping untuk meningkatkan penjualan dan interaksi dengan pelanggan.
Pelaku UMKM sedang melakukan live shopping di platform e-commerce. Foto: Freepik

Pemanfaatan platform teknologi, seperti live shopping, menjadi salah satu kunci bagi UMKM untuk tetap relevan di era digital. Berdasarkan riset Jakpat berjudul ‘E-commerce Trends 2023’, sebanyak 87% responden pernah menonton live shopping, dan 77% di antaranya melakukan transaksi melalui fitur tersebut. Rizky Juanita Azuz, Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, menegaskan bahwa pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia mengalami peningkatan penjualan hampir 7 kali lipat dibandingkan dengan penjual yang belum mencoba fitur ini.

Untuk memaksimalkan potensi live shopping, pelaku usaha perlu membuat konten video kreatif sebagai teaser. Konten yang berhubungan dengan target pasar akan lebih menarik perhatian. Misalnya, jika menjual sepatu perempuan untuk wanita karier, buatlah video pendek yang menunjukkan bagaimana sepatu tersebut mendukung keseharian mereka. Menurut survei MetrixLab (2024), pengguna yang menonton live stream penjual memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih tinggi untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, buatlah teaser yang menginformasikan konten live streaming mendatang, termasuk produk yang akan dijual, promosi, dan jadwal sesi live.

Siapkan ruangan dan tim yang mendukung live streaming untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang interaktif. Pastikan pencahayaan maksimal dan latar belakang yang sesuai agar produk terlihat jelas. Jika memungkinkan, siapkan tim yang terdiri dari host, asisten, moderator, dan customer service untuk memastikan sesi promosi dan interaksi berjalan lancar. Interaksi yang baik dengan calon pembeli, seperti menanggapi pertanyaan dan komentar, akan membuat sesi live shopping lebih menarik dan efektif.

Hadirlah dengan suasana live streaming yang interaktif dan informatif. Berikan informasi menarik yang mendorong audiens untuk membeli, seperti diskon, produk terlaris, atau produk eksklusif. Informasikan juga promo-promo di ShopTokopedia, seperti Promo Guncang 11.11 dan kampanye khusus untuk mendukung pelaku usaha kecantikan. Host yang mampu membangun suasana interaktif akan membuat audiens lebih tertarik untuk memberikan like, komentar, share, dan melakukan pembayaran untuk produk yang dipromosikan.

Kolaborasi dengan kreator atau affiliator dapat meningkatkan eksposur dan jangkauan penonton. Pilih kreator yang sesuai dengan produk dan berikan kebebasan kepada mereka untuk membuat konten promosi. BeCare Detailing, sebuah usaha produk perawatan interior dan eksterior kendaraan dari Surakarta, mengalami peningkatan penjualan hingga 70% berkat kolaborasi dengan affiliator di ShopTokopedia. Selain itu, hindari konten yang melanggar pedoman komunitas dan syarat platform, seperti menampilkan anak di bawah umur atau menyampaikan klaim yang berlebihan. Dengan persiapan yang matang, live shopping dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan penjualan dan interaksi dengan pelanggan.

Berita terkait
Smesco Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM di Sparc Live Shopping
Smesco , siap mempromosikan produk UMKM binaannya secara digital, dengan menggelar Sparc Live Shopping.
Kisah Sukses Alice Norin dan Nella’s Style Manfaatkan Shopee Live untuk Perkuat Potensi Bisnis dan Raih Keuntungan Maksimal
Lewat fitur Shopee Live, Shopee mentransformasi cara pengguna berbelanja di era digital lewat tren live shopping.
Tips UMKM Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadan 2024 dari Tokopedia dan TikTok
Pada minggu pertama puasa terdapat sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan di aplikasi maupun website Tokopedia.
0
Citilink Hadirkan Program Green Sale, Promo Jelang Akhir Tahun
Maskapai penerbangan Citilink menghadirkan berbagai penawaran promo menjelang akhir tahun untuk pelanggan melalui program Green Sale.