UNTUK INDONESIA
Pabrik Nissan di Purwakarta Resmi Ditutup
Nissan Indonesia resmi menutup pabrik mereka yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat.
Kunjungan siswa SMK di pabrik Nissan Purwakarta. (Foto: Nissan Indonesia)

Jakarta - Nissan Indonesia telah resmi menghentikan produksi mereka di pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Alasan penutupan ini adalah sebagai bentuk dari rencana optimisasi rightsizing.

"Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi dan reorganisasi operasi bisnis," kata President Director PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa, 24 Maret 2020.

Meskipun harus menutup pabriknya, Nissan menyatakan tidak akan hengkang dari pasar otomotif Tanah Air. Produk unggulan mereka akan terus disalurkan melalui mitra Alinasi dari Nissan.

"Kami akan terus berfokus menghadirkan model-model baru kepada pelanggan melalui mitra Aliansi kami, untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia dan tentunya untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia," ujar Sekiguchi.

Nissan juga berharap masyarakat tidak salah persepsi dengan kejadian ini. Penutupan pabrik ini tidak akan berdampak pada konsumen Nissan di Indonesia. Produsen kendaraan asal Jepang ini akan terus memberikan pelayanan penjualan dan purna jual yang maksimal untuk pelanggan setia.

"Ini tidak ada dampaknya bagi konsumen Nissan di Indonesia. Mobil kami yang ada saat ini juga tidak diproduksi disini (pabrik purwakarta). Semua produksi dilakukan di Jepang dan Thailand," kata Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani.

Pabrik Nissan yang berada di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, merupakan tempat diproduksinya kendaraan model Datsun Go dan Datsun Go+.[]

Berita terkait
Suku Cadang dari China Menipis, Nissan Tutup Pabrik
Nissan menutup salah satu pabriknya karena kesulitan memperoleh suku cadang dari China yang tengah dilanda wabah virus corona baru.
Strategi Nissan Soal Mobil Listrik Tahun 2020
Nissan Motor Indonesia (NMI) memberikan bocoran terkait strateginya pada kendaraan listrik.
Nissan Akan Pecat 4.300 Pekerja Kerah Putih
Nissan Motor Company akan memberhentikan sedikitnya 4.300 pekerja kerah putih dan menutup dua manufakturnya.
0
Pabrik Nissan di Purwakarta Resmi Ditutup
Nissan Indonesia resmi menutup pabrik mereka yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat.