Untuk Indonesia

Opini: Kinerja Kementan Kembali Termoncer di Masa Pandemi

BPS melaporkan pada bulan Maret 2021 ekspor hasil pertanian meningkat drastis terutama tanaman obat dan rempah-rempah serta sarang burung walet.
Ekspor hasil pertanian meningkat bulan Maret 2021. (Foto: Tagar/Pexels/Mark Stebnicki)

Oleh : Irma Suryani Chaniago*


Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, ekspor pertanian Indonesia pada Maret 2021 meningkat hingga dua digit, baik secara month to month (mtm) ataupun year on year (yoy). 

Secara yoy ekspor pertanian tumbuh sebesar 25,04 persen. Beberapa produk pertanian yang naik cukup besar secara yoy adalah tanaman obat aromatik dan rempah-rempah, serta sarang burung walet.

Peningkatan ekspor pertanian mencapai 0,39 miliar dolar AS atau meningkat 27,06 persen. Persentase peningkatan ekspor sektor pertanian ini tertinggi dibanding sektor lain,

Seperti sektor migas 5,28 persen, sektor industri pengolahan 22,27 persen, serta sektor pertambangan dan lainnya 13,68 persen. Hal ini membuktikan bahwa kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Tim Manajemen Kemeterian Pertanian makin moncer dan tentu prestasi ini sangat membanggakan.


Memang tidak mudah selangkah demi selangkah sektor pertanian kita menuju target capaian swasembada.


Saya yakin melalui program food estate dan Holding pertanian bukan sebuah keniscayaan kita bisa mencapai target yang di inginkan presiden yaitu swasembada pangan.

Progres program food estate akan mampu menjadi andalan jika para petani disiplin mengikuti arahan Kementan dalam pengelolaannya.

Program ini akan cepat berhasil jika koordinasi antara PUPR terkait pembangunan irigasi, Kemendag terkait pemasaran hasil produksi dan Kemenkeu terkait anggaran berjalan baik, program ini pasti mencapai target. 

Asal Kementerian Pertanian juga memperketat kontrol pengelolaan lahan dan tidak melepas pengawalan pada petani sebelum lahan betul - betul menghasil kan sesuai target.

Sekali lagi bravo Syahrul Yasin Limpo, bravo Kementan dan tim. 

*Politisi Partai NasDem

Berita terkait
Sinergi Pemerintah Dorong Ekspor Komoditas Pertanian
Sinergi antara lembaga negara sangat penting dalam mendorong peningkatan ekspor komoditas pertanian
Kementerian Pertanian Dampingi Petani Perkuat Lumbung Pangan
Untuk memperkuat lumbung pangan nasional Kementan memberikan pendampingan yang intensif bagi petani
Sektor Pertanian Pilihan Utama Masyarakat Saat Pandemi
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan, usaha sektor pertanian menjadi pilihan utama masyarakat selama masa pandemi Covid-19.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.