Omicron Kian Mewabah, Begini Respons DPR

Menurutnya, percepatan booster juga memerlukan pengawalan konsisten menjaga dan menegakkan prokes.
Varian Omicron. (Foto: Tagar/Hotnews)

Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan mengatakan vaksinasi booster dapat mempercepat imunitas termasu jeis Omicron yang saat ini kian mewabah di Indonesia. Ia pun berharap agar proses vaksinasi ini lebih dipercepat.

"Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya vaksinasi booster dapat meningkatkan imunitas berbagai varian, termasuk varian omicron. Oleh karena itu, proses booster harus dipercepat dan menyentuh semua kelompok masyarakat, terutama di daerah atau wilayah yang potensi penularan varian omicron tergolong tinggi," kata Farhan, Jumat, 28 Januari 2022.

vaksinasi booster harus berlangsung secara adil merata ke semua wilayah karena negara atau wilayah yang tak terproteksi akan melahirkan virus ganas yang bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia.

"Kita jangan lupa bahwa varian omicron muncul dari negara-negara di kawasan Afrika yang cakupan vaksinasinya rendah dan saat ini varian itu telah menyebar hampir ke seluruh dunia," katanya.

Farhan menegaskan, munculnya e-tiket booster di aplikasi PeduliLindungi harus diprioritaskan meski vaksinasi bagi lansia dan anak usia 6-11 tahun saat ini jadi prioritas.

"Tinggal kita tunggu kesigapan Kemenkes, Kadinkes provinsi sampai ke kota dan kabupaten," katanya.

Menurutnya, percepatan booster juga memerlukan pengawalan konsisten menjaga dan menegakkan prokes.

"Saya khawatir sekarang ini kita mulai lengah prokes. Pengelolaan rantai supply vaksin ini dipegang oleh Biofarma, Kemenkes, dan Dinkes provinsi. Maka kami sangat berharap ketiga badan ini menunjukan performa tinggi dalam melaksanakan tugasnya karena vaksinasi adalah kunci pemulihan dari Pandemic COVID-19," katanya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Moderna Uji Klinis Booster Khusus untuk Tangkal Omicron
Moderna telah memulai uji klinis dosis booster vaksin yang dirancang khusus untuk melindungi diri dari virus corona varian Omicron
Menkes Sebut Penanganan Omicron Berbeda dengan Delta
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengemukakan pemerintah menggunakan strategi penanganan berbeda dalam menghadapi gelombang Omicron dengan Delta.
Prosedur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Isolasi Mandiri Omicron
Pemerintah melalui Kemenkes sediakan layanan telemedisin Isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron
0
Omicron Kian Mewabah, Begini Respons DPR
Menurutnya, percepatan booster juga memerlukan pengawalan konsisten menjaga dan menegakkan prokes.