UNTUK INDONESIA
Omas Wati Diabetes, Begini Penyebab dan Pencegahannya
Komedian senior Omas Wati meninggal dunia akibat komplikasi diabetes. Bagaimana penyebab dan pencegahannya?
Ilustrasi tes gula darah penderita diabetes. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Komedian senior Omas Wati meninggal dunia akibat komplikasi diabetes pada Kamis malam, 16 Juli 2020. Terkait penyakit yang dialami perempuan yang akrab disapa Mpok Omas itu, ternyata terdapat beberapa penyebab dan cara mencegahnya.

Seperti diketahui, diabetes terbagi menjadi dua tipe. Keduanya merupakan penyakit kronis akibat tingginya kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Penyakit ini dapat menimbulkan gangguan organ tubuh, dan berisiko kematian jika tidak dikontrol dengan baik.

Penyebab Diabetes

Diabetes disebabkan akibat adanya gangguan dalam tubuh. Tubuh menjadi tidak bisa menggunakan glukosa darah ke dalam sel. Kondisi tersebut membuat glukosa bisa menumpuk di dalam darah.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini diakibatkan karena pankreas tidak bisa memproduksi hormon tertentu. Sementara, diabetes tipe 2, masalah kesehatan satu ini terjadi akibat tubuh tidak efektif menggunakan hormon tertentu atau kekurangan hormon tertentu yang relatif dibandingkan kadar glukosa darah.

Baca Juga:

Ketika kadar glukosa meningkat tentunya bisa merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf. Sehingga, masalah kesehatan satu ini dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi yang berbahaya untuk kesehatan manusia.

Alat Cek Gulailustrasi gula dan alat cek gula darah. (foto: Pixabay/stevepb)

Cara Mencegah Diabetes

1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko terkena diabetes semakin tinggi. Sebab obesitas bisa membuat respons insulin pada tubuh tersumbat. Jadi, menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal menjadi salah satu cara mengantisipasi penyakit diabetes kronis.

2. Mengurangi Porsi makan

Mengurangi porsi ketika makan menjadi salah satu cara efektif dan berpengaruh besar untuk mencegah diabetes. Sebab, dengan porsi makan yang teratur bisa membuat berat badan terjaga dan terhindar dari obesitas yang menjadi pemicu diabetes.

3. Konsumsi Sayur

Cobalah mengonsumsi lebih banyak sayuran dan mengurangi daging untuk membantu menjaga berat badan tetap ideal. Sebab, daging memiliki kadar lemak berlebih yang bisa berpengaruh pada berat badan.

Omas WatiKomedian senior Omas Wati meninggal dunia pada Kamis 16 Juli 2020. (Foto: YouTube/TRANS TV Official)

4. Olahraga

Olahraga secara rutin tentu mampu membuat berat badan terjaga agar tetap ideal dan sehat. Sebab, saat berolahraga bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensivitas insulin. Cobalah, sempatkan olahraga setidaknya selama 30 menit agar kadar gula tetap normal.

5. Hindari Stres

Stres bisa berpengaruh terhadap diabetes, sebab saat stres kadar gula darah menjadi naik. Terlebih ketika mengalami stres berlebih, tentu bisa memicu kadar gula darah menjadi naik secara terus menerus.

Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengurangi stres, seperti latihan yoga, latihan pernapasan, meditasi, dan perbanyak istirahat. Selain itu, usahakan beristirahat atau tidur dalam kondisi yang nyenyak.

Berita terkait
6 Pemanis Alami Pengganti Gula untuk Cegah Diabetes
Mengganti gula rafinasi (gula pasir) dengan pemanis alami, tentu menjadi solusi yang tepat untuk menghindari penyakit diabetes hingga obesitas.
Bahaya Virus Corona Terhadap Otak
Ahli dari University College London (UCL) menyebutkan virus Corona dapat menyebabkan kerusakan saraf, stroke, hingga pembengkakan otak fatal.
Ciri-ciri Hand Sanitizer Tidak Berfungsi Optimal
Ada beberapa hal yang menandakan hand sanitizer tidak berfungsi secara optimal dalam membasmi virus Corona. Berikut penjelasannya.
0
Omas Wati Diabetes, Begini Penyebab dan Pencegahannya
Komedian senior Omas Wati meninggal dunia akibat komplikasi diabetes. Bagaimana penyebab dan pencegahannya?