UNTUK INDONESIA
NTB Diguncang 364 Kali Gempa di Januari 2020
Gempa bumi di Nusa Tenggara Barat di bulan Januari 2020 sudah terjadi sebanyak 364 kali. Namun getarannya lebih kecil.
Ilustrasi - Gempa Bumi. (Foto: Antara/DOK. ANTARA)

Mataram - Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya pada Bulan Januari telah terjadi gempa bumi sebanyak 364 kali. Kejadian itu didominasi gempa dengan magnitudo lebih kecil dari 3.0 dan kedalaman dangkal kurang dari 60 Km.

Dari 364 kejadian tersebut terdapat 9 gempa bumi yang dirasakan di sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Analisa gempa bumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan Januari 2020 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempa bumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman.

BMKG menjelaskan kejadian gempa bumi terutama yang dirasakan di Wilayah Pulau Lombok dengan Intensitas II-III MMI terjadi sebanyak 4 kejadian. Selain itu terdapat juga gempa bumi dirasakan di Pulau Sumbawa sebanyak 5 kejadian.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi menyatakan, gempa bumi yang dirasakan di wilayah Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa tersebut merupakan gempa bumi dangkal dengan kedalaman kurang dari 60 Km.

"Analisa gempa bumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan Januari 2020 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempa bumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempa bumi," kata Ardhianto Septiadhi dalam rilis resminya, Sabtu 1 Februari 2020.

Berdasarkan frekuensi kejadian, gempa bumi pada bulan Januari 2020, terbanyak pada tanggal 27 Januari 2020 sejumlah 22 kejadian. Besar magnitudonya gempa dengan kekuatan lebih kecil dari 3 magnitudo sebanyak 233 kejadian.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Gempa dengan kekuatan 3 hingga 5 magnitudo sebanyak 130 kejadian dan gempa lebih besar dari 5 magnitudo sebanyak satu kali kejadian. Kedalaman gempa bumi kurang dari 60 km sebanyak 282 kejadian.

Gempa bumi dengan kedalaman 60 hingga 300 km sebanyak 79 kali dan terdapat 3 kejadian gempa bumi untuk kedalaman lebih dari 300 km.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," ujar Ardhianto. []

Berita terkait
Gempa Bumi Magnitudo 4,0 Guncang Sumbawa Barat NTB
Gempa bumi tektonik magnitudo 4,0 mengguncang wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
WNA Tewas di Kolam Gili Trawangan NTB Usai Nyabu
WNA asal Wales, Inggris, Lee David Merchant yang tewas di kolam renang Tropica Hotel Gili Trawangan, Lombok Utara, diduga konsumsi sabu.
Keterbukaan Informasi Masih Jadi Persoalan di NTB
Kurangnya keterbukaan informasih publik di Nusa Tenggara Barat menjadi persoalan di Masyarakat.
0
Kuliner Islandia Pikat Wisatawan Piala Eropa 2020
Islandia menjadi salah satu peserta babak play off Piala Eropa 2020, memiliki banyak kuliner khas yang nikmat dan lezat.