Novak Djokovic Gagal Pertahankan Gelar di Australia Terbuka

Djokovic juara sembilan kali Australia Terbuka dan pemegang 20 gelar juara grand slam gagal pertahankan dan pecahkan rekor
Novak Djokovic di Australian Open (Foto: marca.com/AP)

G. G. Diadaptasi oleh Conor Clancy

Jakarta – Novak Djokovic, petenis Serbia peringkat pertama dunia, tidak akan bertanding di turnamen tenis grand slam Australia Terbuka 2022, dan kisah yang sedang berlangsung seputar kisahnya dia ke Australia akan berakhir dengan deportasi.

Pengadilan federal pada hari Minggu, 16 Januari 2022, menolak tawarannya untuk mendapatkan visanya dipulihkan, menegakkan keputusan untuk membatalkannya dan menolak dia untuk memasuki negara itu.

Telah dijelaskan bahwa keputusan itu diambil karena Djokovic, sebagai "jimat sentimen anti-vaksinasi", dan entrinya dapat berisiko "kerusuhan sipil" di negara itu.

djokovic lemparkan raketDikabarkan Novak Djokovic dua kali melemparkan raketnya ketika berlaga dengan petenis Spanyol, Pablo Carreño Busta peringkat 11, di perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: marca.com)

Djokovic juara sembilan kali Australia Terbuka dan pemegang 20 gelar juara grand slam bersama Roger Federer (Swiss) dan Rafael Nadal (Spanyol).

"Saya menghormati keputusan pengadilan dan saya akan bekerja sama dengan otoritas terkait terkait kepergian saya dari negara ini," kata Djokovic tentang keputusan itu, meskipun menambahkan bahwa dia "sangat kecewa".

"Saya tidak nyaman karena fokus minggu-minggu terakhir ini ada pada saya dan saya berharap kita semua sekarang dapat fokus pada permainan dan turnamen yang saya sukai. Saya ingin mendoakan para pemain, ofisial turnamen, staf, sukarelawan, dan penggemar semua terbaik untuk turnamen ini."

Djokovic tiba di Australia pada 5 Januari 2022, dengan keyakinan bahwa visanya telah diberikan pada 18 November 2021 dengan pengecualian medis yang disetujui oleh panel pemerintah Victoria dan Tennis Australia.

zeverev dan djokovicNovak Djokovic, petenis Serbia peringkat 1 dunia ATP, dikalahkan oleh petenis Jerman peringkat 5 dunia ATP, Alexander Zverev, di semifinal Olimpiade Tokyo 2020, 30 Juli 2021 (Foto: sportworldnews.org)

Tetapi visanya pertama kali dibatalkan oleh Pasukan Perbatasan Australia di bandara Melbourne, memicu perselisihan yang sedang berlangsung antara dia, perwakilannya, dan Australia (marca.com). []

Australia Sebut Tidak Ada Perlakuan Khusus untuk Petenis Novak Djokovic

Visa Novak Djokovic Dibatalkan Pemerintah Australia

PM Morrison Tentang Novak Djokovic Ditolak Masuk Australia

Novak Djokovic Menang di Pengadilan Australia

Berita terkait
Australia Sebut Tidak Ada Perlakuan Khusus untuk Petenis Novak Djokovic
Novak Djokovic tidak menerima perlakuan khusus apa pun untuk mendapatkan dispensasi terkait pemenuhan syaratan vaksinasi Covid-19
0
Novak Djokovic Gagal Pertahankan Gelar di Australia Terbuka
Djokovic juara sembilan kali Australia Terbuka dan pemegang 20 gelar juara grand slam gagal pertahankan dan pecahkan rekor