UNTUK INDONESIA

Nikah di Indramayu Langsung Dapat \'Three In One\'

Inovasi program 3 in 1 merupakan pemberian dokumen secara terintegrasi dengan Kementerian Agama (KUA).
Pernikahan pasangan Dias Ferdiansyah dengan Nur Ilisyah Idora di Indramayu langsung menerima tiga adminduk. (Foto: Tagar/Diskominfo Indramayu)

Indramayu - Inovasi terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu. Hal yang terbaru yakni pemberian program 3 in 1 (three in one) dokumen kependudukan secara langsung kepada pasangan muda yang baru menikah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indramayu H. Moh. Iskak Iskandar, menjelaskan, program 3 in 1 merupakan pemberian dokumen secara terintegrasi dengan Kementerian Agama (KUA). 

Bagi pasangan muda yang menikah Disdukcapil dan KUA langsung memberikan 3 dokumen yakni berupa surat nikah, KTP suami istri dengan status baru, dan Kartu Keluarga (KK).

Menurut Iskandar, inovasi ini akan disebarluaskan ke seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu. Dengan program ini, masyarakat tidak perlu mengurus dokumen kependudukan lagi, semua akan terlayani secara otomatis.

Seperti yang terlihat pada hari Rabu, 11 November 2020 di Kantor KUA Kecamatan Indramayu, pernikahan pasangan muda antara Dias Ferdiansyah dari Kelurahan Lemah Abang dengan Nur Ilisyah Idora dari Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu.

Sementara itu Dias Ferdiansyah dan Nur Ilisyah Idora yang baru menyelesaikan akad nikah merasa kaget. Pasalnya, mereka langsung menerima dokumen kependudukan tanpa harus mengurusnya.

Setelah melangsungkan akad nikah di KUA kedua pasangan tersebut langsung menerima 3 adminduk yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indramayu.

"Setelah prosesi akad nikah, kita langsung serahkan 3 dokumen adminduk kepada mereka berupa surat nikah, KTP dengan status baru, dan Kartu Keluarga. Program ini segera kami terapkan di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu," kata Iskandar.

Baca juga: Aceh Utara, Daerah Paling Banyak Menikah Bulan Oktober

Baca juga: Vicky Prasetyo Siapkan Tanggal Nikahi Kalina Oktarani

Sementara itu Dias Ferdiansyah dan Nur Ilisyah Idora yang baru menyelesaikan akad nikah merasa kaget. Pasalnya, mereka langsung menerima dokumen kependudukan tanpa harus mengurusnya.

"Terima kasih dan kami kaget namun gembira karena tidak usah mengurus KK dan KTP lagi. Semuanya sudah dilayani dan diserahkan langsung jadi oleh Disdukcapil," kata Dias didampingi istrinya. []

Berita terkait
Cek! Enam Fakta Viral Kabar Pernikahan Luna Maya
Bikin geger, Luna Maya menikahi serang pria berondong. Yuk cek faktanya.
Pernikahan Massal di Militer Taiwan, Ada Pasangan Lesbian
Dua pasangan lesbian mengikuti perayaan pernikahan massal yang digelar militer Taiwan.
Cerita Addie MS Tentang Pernikahan Kevin Aprilio - Vicy Melanie
Pernikahan Kevin Aprilio dan Vicy Melanie pada Minggu, 25 Oktober 2020, meninggalkan cerita tersendiri bagi Addie MS.
0
RUU Minuman Beralkohol: Diusulkan PPP, Ditolak Golkar
Fraksi Partai Golkar belum bisa menerima usulan Rancangan Undang-undang (RUU) Larangan Minuman Beralkohol (Minol) dengan berbagai pertimbangan.