UNTUK INDONESIA
Nicholas Putra Ahok Bisnis Clothing, Ini Kiat Suksesnya
Nicholas Sean putra sulung Ahok kuliah kedokteran, hobi otomotif dan berbisnis clothing. Ini kiat sukses memproduksi pakaian dengan brand sendiri.
Nicholas Sean merayakan ultah ke-21 dengan makan bersama Ahok, ayahnya. (Foto: Instagram/Nicholas Sean)

Jakarta - Nicholas Sean putra sulung mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok Basuki Tjahaja Purnama, merayakan ulang tahun ke-21 pada Selasa, 17 September 2019.

Nicho begitu sapaannya, mengatakan usia 21 tahun artinya dirinya harus menjadi pribadi bertanggung jawab.

Ia mengatakan itu di Instagram bersama foto dirinya dan ayahnya sedang makan bersama.

"Belated birthday dinner with my Dad. 21 means more responsibilites over the table," tulis Nicho.

Satu di antara bentuk tanggung jawab, Nicho yang sedang kuliah kedokteran di Universitas Indonesia itu sudah mulai bisnis clothing. Hal ini terungkap dari unggahan Ahok di Instagram.

"Bicara sama @nachoseann pasti tidak jauh-jauh dari otomotif. Selain kuliah, Nicho sekarang lagi merintis bisnis clothing ternyata. Dia pakai nama brand @se.indonesia bahannya bagus dan nyaman dipakai. Semoga bisa terus maju bisnisnya," Ahok menulis ini bersama unggahan foto dirinya dan Nicho sedang berdiri di dekat sebuah mobil merah.

Selain kuliah, Nicho sekarang lagi merintis bisnis clothing ternyata. Dia pakai nama brand @se.indonesia bahannya bagus dan nyaman dipakai.

Nicholas Sean AhokNicholas Sean dan Ahok. (Foto: Intagram/Basuki BTP)

***

Clothing adalah istilah yang digunakan untuk perusahaan yang memproduksi pakaian jadi dengan brand ciptaan sendiri. Awalnya barang yang diproduksi berupa kaos, seiring perkembangan kebutuhan dan permintaan customer, produknya pun meluas hingga ke celana, dompet, tas, dan aksesoris lain.

Dilansir Marie Claire, Jenny Wang, pencipta merek pakaian Petite Studio, mengatakan, membuka bisnis fesyen tidak selalu membutuhkan modal besar. Wang membuka toko pertama secara online, menyewa jasa penyedia sistem e-commerce yang terjangkau.

Untuk kebutuhan gambar promosi, bisa mengajak teman terdekat sebagai model untuk sesi pemotretan yang Anda lakukan sendiri.

Semua produk yang terlihat sukses di masa kini bermula dari tingginya permintaan konsumen. Dengan kata lain, produk itu banyak dibutuhkan atau digunakan orang. Karena itu penting untuk mengenali kebutuhan konsumen sebelum menentukan produk yang ingin dijual.

Selain mengenal kebutuhan konsumen, Wang menyarankan untuk mengenali sosok calon pembeli. Apa mereka remaja yang sedang duduk di bangku sekolah? Kalangan dewasa muda yang sedang kuliah? Atau perempuan karier berusia 20-an? Mengetahui sosok konsumen mempermudah untuk menentukan gaya clothing yang ingin ditunjukkan kepada publik

Wang dalam perjalanan bisnisnya, memulai usaha dengan mengerjakannya bersama seorang teman. Berbagi tugas mengerjakan desain, fotografer, model, dan mengelola media sosial. Kini bisnisnya dijalankan sepuluh orang yang mengurus berbagai hal secara spesifik.

ClothingIlustrasi - Bisnis Clothing. (Foto: Needpix)

Orang yang tepat di posisi yang tepat dapat membantu membawa bisnis menuju kesuksesan. Ketika merasa belum mampu memilih orang-orang terbaik yang dapat mengisi posisi kosong, Anda bisa meminta bantuan jasa rekrut pegawai, atau meminta bantuan teman mencarikan orang yang berpengalaman di bidang yang Anda butuhkan.

Proses produksi mempengaruhi hasil dan kualitas pakaian yang akan dijual. Pastikan Anda menemukan dan memilih pabrik produksi sesuai ekspektasi, bisa menghasilkan baju sesuai keinginan.

Di zaman serba canggih dan serba ada sekarang, ada banyak cara untuk membuat bisnismu dikenali banyak orang. Mulai dari membuka akun media sosial spesial untuk bisnis, sampai membayar jasa influencer untuk menunjukkan merk pakaian yang akan kamu keluarkan.

Menurut Wang, memiliki latar belakang pendidikan bisnis sangat penting dalam membantu perkembangan usaha. Sebab boleh jadi seorang desainer fesyen hanya menilai produk dari segi desain. Sedangkan dalam berbisnis, perlu melihat dari sudut pandang konsumen. Jadi sembari menyiapkan atau menjalankan bisnis baru, sempatkan diri untuk menambah ilmu wirausaha melalui cara apa pun.

Ambil waktu sejenak dan merenung, memikirkan target yang telah dicapai selama bekerja, mengingat kembali teknik berbisnis yang datang dari teman, dan terus belajar menyerap semua ilmu yang telah diberikan. []

Berita terkait
Berpakaian Senada, Ahok Promosi Bisnis Nicholas Sean
Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama (BTP) mendukung putranya Nicholas Sean masuk ke dunia bisnis meskipun dia masih kuliah.
Usai Mencoba MRT Jakarta, Ini Curahan Hati Nicholas Sean Putra Sulung Ahok
Ini curahan hati Nicholas Sean putra sulung Ahok, curahan hati selengkapnya setelah mencoba MRT Jakarta.
Kalau Ahok Salah, Gak Mungkin Nicholas Sean Support Papanya
Ahok dan Nicholas Sean tampak kompak, cerita-cerita dan tertawa lepas. Kalau Ahok salah, gak mungkin Nicholas Sean support papanya.
0
Unik Peragaan Busana di Kulon Progo
Peragaan busana biasanya dilakukan di gedung-gedung mewah, namun di Kulon Progo peragaan busana diselenggarakan di kebun teh.