Netflix Luncurkan Fitur untuk Pantau Tontonan Anak-Anak

Platform layanan streaming berlangganan Netflix meluncurkan fitur baru bagi orang tua untuk memantau tontonan anak.
Logo Netflix.

Jakarta - Platform layanan streaming berlangganan Netflix meluncurkan fitur baru bagi orang tua untuk lebih memahami dan memantau apa yang ditonton anak-anak mereka. Fitur tersebut dinamakan kids activity report.

Melalui fitur ini, para pengguna nantinya akan dapat melihat data mengenai jenis program apa saja yang paling sering ditonton buah hati mereka, siapa karakter favorit mereka, dan rekomendasi acara baru berdasarkan ketertarikan atau minat mereka.

Laman The Verge melaporkan, para pelanggan yang mengaktifkan akun anak-anak mereka akan menerima email pemberitahuan bahwa orang tua dapat ikut serta dalam laporan aktivitas anak.

Laporan tersebut juga dilengkapi dengan joke of the day, halaman mewarnai (berdasarkan karakter dan acara Netflix) untuk dicetak anak-anak, dan menyiapkan pertanyaan untuk diajukan kepada buah hati meraka berdasarkan acara atau karakter favorit mereka.

"Para orang tua diharapkan dapat lebih terhubung dengan anak-anak mereka agar memiliki pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai apa yang mereka tonton (bahkan jika mereka tidak ingin menontonnya sendiri)," kata Michelle Parsons, selaku pemimpin tim inovasi produk Netflix untuk anak-anak dan keluarga, dikutip Tagar pada Senin, 14 Desember 2020.

NetflixIlustrasi logo Netflix. (Foto: Unsplash)

Kebanyakan orang tua tahu apa yang disukai anak mereka, berdasarkan kostum atau mainan yang mereka inginkan. Namun orang tua tidak selalu tahu tentang apa acara yang mereka sukai.

Profil anak-anak di Netflix biasanya dibuat bagi mereka yang usianya pra-sekolah dan pra-remaja. Jika anak mereka yang umurnya sudah beranjak dewasa tidak ingin orang tua mereka tahu apa yang mereka tonton atau tidak suka diawasi, maka orang tua dapat memilih keluar dari laporan aktivitas tersebut kapan saja.

Bersamaan dengan hadirnya laporan tontonan anak, Netflix juga meluncurkan pengujian global untuk pengaturan profil keluarga. Profil tersebut akan menampilkan acara TV atau film yang dapat dipilih sebagai family-friendly, dan akan muncul dalam satu profil.

Profil keluarga diluncurkan sejak Rabu 9 Desember sebagai bagian dari uji coba. Sementara itu, laporan aktivitas anak akan diuncurkan di pasar tertentu sebagai bagian dari pengujian global. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Tips Pengenalan Sastra dan Bahasa Indonesia Bagi Anak-Anak
Berikut Tagar rangkumkan tips dari Natalia Lie untuk meningkatkan kecintaan anak usia dini terhadap Bahasa Indonesia.
Rossa Rekomendasikan 4 Judul Drama Korea Terbaik di Viu
Berikut Tagar rangkumkan 4 judul drama Korea rekomendasi Rossa, lengkap beserta review singkatnya.
Netflix Perkenalkan 5 Judul Film Anime Terbaru
Layanan pemutar film berlangganan Netflix, mengumumkan lima proyek anime terbaru pada acara Festival Anime Netflix 2020.
0
Nama Varian Covid-19 Dengan Alfabet Yunani Hindari Stigma
WHO akan ganti penyebutan nama varian Covid-19 untuk hapus stigma negara-negara di mana jenis varian baru virus corona pertama kali dilaporkan