UNTUK INDONESIA
Napoli Vs Sassuolo, Dirugikan Gattuso Tolak Komentari Wasit
Napoli dirugikan akibat kinerja wasit yang dinilai kontroversial saat dikalahkan Sassuolo. Namun pelatih Gennaro Gattuso tolak mengomentari wasit.
Napoli kalah 2-0 dari Sassuolo di pertandingan kandang Serie A Italia di Stadion San Paolo, Senin, 2 November 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Napoli Matteo Politano dihadang pemain Sassuolo di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/en_sscnapoli)

Jakarta - Napoli mengalami kerugian akibat kinerja wasit yang dinilai kontroversial saat dikalahkan Sassuolo di pertandingan Serie A Italia. Namun pelatih Gennaro Gattuso menolak mengomentari wasit meski timnya harus mengalami kekalahan 2-0 di kandang sendiri di Stadion San Paolo, Senin, 2 November 2020 dini hari WIB. 

Gattuso bukan tipe pelatih yang gemar mengomentari kinerja wasit. Meski tim kalah secara kontroversial di kandang sendiri, eks pelatih AC Milan ini lebih menyoroti kegagalan pemainnya memanfaatkan peluang. 

"Kami punya banyak peluang, tetapi tak ada satu pun yang bisa dikonversi jadi gol. Kami seharusnya bisa melakukannya lebih dari itu," kata Gattuso kepada Sky Sport Italia

Insiden itu bisa saja terjadi. Bukan tugas saya mengomentari atau menilai wasit

"Sassuolo sesungguhnya memberi ruang kepada kami. Namun kami tak punya kualitas untuk memanfaatkannya," ujar dia. 

Di laga itu, Napoli menunjukkan dominasinya. Matteo Politano dkk unggul dalam penguasaan bola dan memaksa lawan untuk bertahan.  

Peluang diperoleh striker Dries Mertens di menit-menit awal. Hanya, sepakan pemain yang nyaris bergabung dengan Inter Milan ini masih melebar. 

Demikian pula peluang bagus Victor Osimhen bisa digagalkan kiper Andrea Consigli. Bahkan Osimhen kembali mendapat peluang lewat tendangan melambung. Itu pun masih gagal membobol gawang tim tamu.

Permainan berubah di babak ke-2 saat wasit Maurizo Mariani memberikan penalti untuk Sassuolo. Gara-garanya bek Giovanni Di Lorenzo melanggar striker Giacomo Raspadori. 

Hanya, pelanggaran itu diragukan harus berujung penalti. Bahkan wasit sampai meninjau insiden itu lewat VAR. Namun, wasit Mariani akhirnya memberikan penalti. 

Eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh kapten Manuel Locatelli di menit 59. Dia sukses mengecoh kiper David Ospina.

Napoli sesungguhnya menyamakan kedudukan melalui sundulan Kostas Manolas. Hanya gol itu dianulir karena Osimhen dalam posisi offside sebelum Manolas menyundul bola. 

Gol ke-2 Sassuolo yang tercipta di injury time juga diwarnai kontroversi. Saat itu, Osimhen memprotes wasit karena ditarik bek Marlon. 

Saat dia sedang memprotes, Sassuolo justru melakukan serangan balik yang diakhiri dengan tendangan Maxime Lopez yang menaklukkan Ospina. Wasit tetap mengesahkan gol itu sehingga Napoli mengakhiri laga dengan kekalahan 2-0. 

Napoli Fokus Laga Berikut Ketimbang Protes Wasit

Gattuso tak ingin menanggapi kontroversi tersebut. Menurut dia tim lebih baik fokus pada laga selanjutnya. 

"Tak penting membahas itu penalti atau tidak. Kami lebih baik fokus pada pertandingan," kata Gattuso 

"Insiden itu bisa saja terjadi. Bukan tugas saya mengomentari atau menilai wasit. Saya lebih baik menilai tim sendiri. Dan, saya katakan kami seharusnya bisa meraih hasil lebih baik," ujarnya. 

Baca juga: 

Ditolak Roma dan Juve, Milik Ingin Tetap di Napoli

Diminati Napoli, Ciro Immobile: Lazio Selamanya

Kekalahan itu menggagalkan Napoli menjaga jarak poin dengan pimpinan klasemen Milan. Bahkan dengan perolehan poin 1 poin, Napoli sudah terlempar dari 4 besar. Kini, Partenopei tertahan di peringkat 5. 

Sebaliknya, Sassuolo melesat ke peringkat 2 sekaligus menggeser Juventus. Mereka mengantongi poin 14 atau terpaut 2 poin dari Milan. []

Berita terkait
Politano Menangkan Napoli atas Sociedad di Liga Europa
Napoli meraih kemenangan pertama di Liga Europa setelah mengalahkan Real Sociedad. Gol kemenangan Napoli dihasilkan Matteo Politano.
Tak Mampu Matikan AZ, Gattuso Kecewa dengan Napoli
Napoli gagal mengulang sukses kemenangan besar atas Atalanta saat melawan AZ di pertandingan Liga Europa. Menguasai permainan, Napoli malah kalah.
Napoli Hajar Atalanta 4 Gol, AC Milan Diuntungkan
Napoli menang besar usai menghajar Atalanta di Serie A Italia. Kekalahan itu membuat Atalanta kehilangan tahta klasemen yang direbut AC Milan.
0
Napoli Vs Sassuolo, Dirugikan Gattuso Tolak Komentari Wasit
Napoli dirugikan akibat kinerja wasit yang dinilai kontroversial saat dikalahkan Sassuolo. Namun pelatih Gennaro Gattuso tolak mengomentari wasit.