UNTUK INDONESIA
Mulan Jameela, dari Kafe ke Kafe Hingga Anggota DPR
Sebelum menjadi anggota DPR, Mulan Jameela menjadi sorotan karena menjadi istri Ahmad Dhani, sehingga musisi itu bercerai dari Maia Estianty.
Gaya busana Mulan Jameela mengenakan hijab pada saat gelaran Jakarta Fashion Week 2020 yang diselenggarakan di Senayan City, Jakarta sejak 22 hingga 28 Oktober 2019. (Foto: Dok. JFW)

Jakarta - Mulan Jameela kerap mencuri perhatian publik karena menuai kontroversi. Kali ini namanya menggemparkan jagat media sosial soal keanehan riwayat pendidikan sekolah dasar (SD) hanya berlangsung tiga tahun. 

Bukan itu saja, kisah kehidupannya sebelum menjadi anggota DPR pun menjadi sorotan karena menjadi istri Ahmad Dhani, sehingga musisi itu bercerai dari Maia Estianty.

 Pemilik nama lengkap Raden Terry Tantri Wulansari ini memiliki perjalanan karier dari menyanyi. Berasal dari kalangan biasa-biasa saja hingga berhasil duduk di bangku DPR tentu melewati perjalanan panjang.

Perempuan kelahiran Garut, Jawa Barat, 23 Agustus 1979 ini mengawali kariernya di dunia tarik suara sebagai penyanyi kafe. Dari kafe ke kafe, Mulan bernyanyi menghibur pengunjung kafe.

Sebut saja grup band Swara Coustic, Bandung All Star, dan Dimensi Band. Di situ Mulan sebagai penyanyinya membawakan lagu-lagu pop menghibur tamu kafe.

Karier Mulan mulai menanjak di panggung dunia hiburan setelah Maia Estianty menggandengnya membentuk grup musik Duo Ratu. Ibu empat anak ini resmi menggantikan posisi Pinkan Mambo sebagai vokalis di grup Duo Ratu tahun 2005. 

Sejak saat itu, namanya mulai dikenal dengan nama panggung Mulan Kwok. Single pertama Duo Ratu berjudul Teman Tapi Mesra, sukses melambungkan namanya di belantika musik nasional.

Namun sayang, duet tersebut hanya berlangsung dua tahun, Mulan akhirnya memilih untuk hengkang dari Ratu. Dia kemudian menjajal sebagai solois bergabung dengan Republik Cinta Management (RCM) yang dinaungi Ahmad Dhani, yang saat itu masih suami Maia Estianty.

Perempuan yang kini berjilbab ini berhasil merilis single solonya seperti Mahluk Tuhan Paling Seksi, Wonder Woman, dan Bukannya Aku Takut Jatuh Cinta lagi. Sejumlah lagu itu booming di pasar musik Tanah Air.

Ditengah kariernya melambung, muncul kabar yang menyebut Mulan sebagai penyebab retaknya hubungan rumah tangga Ahmad Dhani dengan Maia.

Seakan-akan benar, tahun 2007 Maia menggugat cerai vokalis Dewa 19 itu. Setahun berselang, Dhani dan Mulan kemudian resmi menikah.

Karena kasus ini Mulan menerima hujatan dan tanggapan miring. Sayangnya, ada fakta yang menyebutkan bahwa Ahmad Dhani sudah mengajukan talak kepada Maia jauh sebelum gugatan cerai itu sampai ke meja hijau.

Pelantikan anggota DPRPenyanyi Mulan Jameela (kedua kiri) berbincang dengan sejawatnya saat akan mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Sebelum Nikah dengan Ahmad Dhani

Mulan sempat menjalani kehidupan berumah tangga dengan Harry Nugraha. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak.

Pada sebuah kesempatan tahun 2011, Harry membongkar masa lalunya bersama Mulan. Harry berpisah saat karier Mulan di dunia hiburan kian melambung.

Harry mengaku bahwa ia mendukung karier Mulan sejak berkiprah sebagai penyanyi. Bahkan, dia melakukan yang terbaik untuk mendukungnya. Tapi hanya karena masalah komunikasi, kisah cinta mereka harus berujung pada perceraian.

Mantan suami Mulan Jameela itu kemudian menjelaskan betapa mereka sempat kesulitan ketika berumah tangga hingga pernah hidup terpisah.

"Ya, di awal kariernya, kan, Neng Terry tinggal di Bandung tiga hari dan di Jakarta empat hari. Kasihan dengan kondisi itu, Mbak Maia memberi rumah di daerah Bintaro, lalu kami tinggal di sana," kata Harry.

Lebih miris lagi, dia lebih memilih mengalah rela mondar-mandir Jakarta-Bandung sebagi bentuk dukungannya kepada Mulan. Namun, ketika pelantun Mahluk Tuhan Paling Seksi itu menjadi artis ada perubahan hingga memutuskan untuk bercerai dengan Harry.

"Saya yang mengalah, mondar-mandir Jakarta-Bandung. Hingga tiba-tiba ada yang berubah sejak Neng menjadi artis dan perceraian adalah pilihan yang terbaik," ujarnya.

Tak hanya sebagai penyanyi, Mulan kemudian mencoba peruntungan di dunia seni peran. Terbilang sukses, dia berhasil membintangi beberapa judul FTV, seperti Primadona Mencari Surga tahun 2006, bersama Darius Sinathrya, Indra Birowo, dan Aming. 

Tahun 2007, Mulan membintangi sebuah sinetron berjudul Pasangan Heboh bersama Baim Wong.

Masih pada tahun yang sama, dia kemudian sempat menjadi salah satu bintang film komedi garapan sutradara Monty Tiwa yang berjudul Maaf, Saya Menghamili Istri Anda.

Merasa belum puas, Mulan kemudian mencoba peruntungan di dunia politik untuk menjadi anggota DPR.

Mulan maju sebagai calon legislatif caleg (caleg) dari Partai Gerindra dari daerah pemilihan Jawa Barat XI, meliputi Kabupaten dan Kota Tasikmalaya

Mulan melenggang ke Senayan setelah meraup suara sebanyak 24.192. Awalnya, perolehan suara Mulan tidak mampu meloloskannya menuju Senayan sebagai anggota DPR. Mulan bersama delapan caleg lain dari Partai Gerindra mengajukan gugatan ke PN Jakarta Selatan.

Kini, Mulan telah menjadi anggota DPR periode tahun 2019-2024 membidangi sektor energi di Komisi VII. []

Berita terkait
Mulan Jameela Sekolah Dasar Tiga Tahun
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menanggapi ramainya perbincangan di media sosial terkait keanehan riwayat pendidikan Mulan Jameela.
Astaga, Ferdinand Hutahaean Kecam Mulan Jameela
Anggota DPR Mulan Jameela tampil berlenggak-lenggok di atas catwalk dengan busana berhiaskan bulu-bulu manja mendapat sindiran keras.
Perjalanan Mulan Jameela Melenggang ke Senayan
Mulan Jameela ditetapkan sebagai anggota DPR terpilih 2019-2024 melalui putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
0
100 Hari Kerja Bukan Prioritas Jokowi-Ma'ruf Amin
Jubir Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menilai 100 hari kerja Jokowi-Maruf Amin tidak bisa dijadikan barometer, karena tidak didesain.