Mudahkan Transaksi, Aplikasi Pegadaian ‘Digital Service’ Diperkenalkan

Mudahkan transaksi, aplikasi Pegadaian ‘Digital Service’ diperkenalkan pada publik Januari 2018, fungsinya hampir sama dengan "mobile banking" di perbankan.
PEGADAIAN: Mengatasi masalah tanpa masalah. (Foto: Ist)

Denpasar, (Tagar 15/12 /2017) – Terus berinovasi untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi mudah dan cepat, Januari 2018 PT Pegadaian (Persero) akan memperkenalkan aplikasi Pegadaian 'digital service' pada publik.

"Pegadaian 'digital service' merupakan salah satu fasilitas untuk nasabah dan calon nasabah agar dalam melakukan transaksi lebih cepat dengan banyak fitur pilihan dan informasi produk yang dapat diakses melalui telepon gengam milik mereka," kata Deputi Bisnis Area Denpasar, Bali, Sucahya P Laksana di Denpasar, Jumat (15/12).

Ia menjelaskan, fungsi Pegadaian digital service hampir sama dengan "mobile banking" seperti di perbankan, sehingga masyarakat tidak menghabiskan waktu untuk datang ke Pegadaian dalam melakukan transaksi.

"Bukan berarti dengan adanya aplikasi Pegadaian digital service ini akan menghilangkan pelayanan konvensional, namun aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi diera digital," jelasnya.

Apabila masyarakat memerlukan rekapan (print) hasil transaksi dan ingin mengecek maupun mengambil uangnya tidak melalui transfer, nasabah masih bisa mendatangi unit pelayanan cabang yang dimilki Pegadaian.

Ia mencontohkan, nasabah yang sudah mempunyai kredit di pegadaian dan akan mendekati jatuh tempo, namun dengan adanya aplikasi ini nasabah lebih mudah dan tidak perlu datang ke Kantor Pegadaian apakah mau memperpanjang kredit atau dicicil maupun mau dilakukan penebusan.

"Hal seperti ini yang dapat dilakukan nasabah dengan mengunduh aplikasi ini dan melakukan transaksi melalui telepon selulernya," ujarnya lagi.

Program digital service ini segera disosialisasikan kepada internal Pegadaian agar mereka paham fungsi aplikasi ini seperti apa, setelah itu baru disosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan seperti seminar atau menginformasikan melalui media sosial (Facebook dan Weside) milik Pegadaian.

Untuk itu, pegawai dan pejabat di Pegadiaan juga bisa menjadi nasabah Pegadaian sehingga harus mengetahui juga cara menggunakan digital service ini, karena mereka yang nantinya akan memperkenalkan kepada masyarakat seperti apa cara menggunakan aplikasi ini, sehingga dapat menjelaskan kembali kepada nasabah dan calon nasabah.

"Kami juga akan menyosialisasikan Pegadaian digital service ini melalui brosur atau dalam bentuk 'hard copy' yang nantinya ditempel disetiap unit pelayanan cabang, bahwa kami memiliki program ini," paparnya.

Dijelaskan, aplikasi Pegadian digital service harus diunduh dahulu, kemudian dilakukan registrasi para nasabah lama dan baru. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari Pegadaian 'mobile' yang sudah ada sebelumnya.

Dengan digital service ini infomasi dan produk pegadaian juga lebih mudah dikenal masyarakat, sehingga dapat mengurangi biaya konvensional seperti brosur, iklan, poster maupun lainnya. (ant/yps)

Berita terkait
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.