Mudah dan Banyak Fiturnya, Inilah Kelebihan Al-Qur’an Online

Dengan kemajuan teknologi ini, kita pun dimudahkan dalam membaca Al-Qur’an hanya bermodalkan handphone. Begini kelebihan al-Quran online.
Ilustrasi - Al-Qur’an Online. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Di zaman serba canggih seperti saat ini, handphone jadi barang wajib yang kita bawa setiap saat. Teknologi pun semakin memudahkan di setiap kegiatan yang kita lakukan. Mulai dari moda transportasi hingga layanan jasa pun, semuanya bisa dilakukan hanya lewat handphone. Bahkan, dengan kemajuan teknologi ini, kita pun dimudahkan dalam membaca Al-Qur’an.

Siapa sangka, hanya bermodalkan handphone yang selalu kita bawa kapanpun dan di manapun, kita bisa membaca Al-Qur’an. Hebatnya lagi, tafsirweb.com pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan kelebihan lainnya.

Selain menawarkan kemudahan dan kepraktisan, Al-Qur’an online pun membawa beragam fitur yang lengkap seperti terjemahan dan bahkan tafsir dari berbagai ahli tafsir.

Lalu, apa saja yang jadi kelebihan Al-Qur’an online, di era teknologi yang menuntut kita untuk serba cepat ini? Inilah beberapa kelebihan Al-Qur’an online.


1. Mudah dan Lengkap

Al-Qur’an online tidak hanya mudah tapi juga lengkap. Hanya dengan menggunakan handphone, kita bisa mengaji di manapun dan kapanpun, bahkan ketika kita sedang bepergian.

Kita hanya perlu mengakses situs Al-Qur’an online atau dengan mengunduh aplikasinya. Baik mengakses situs atau men-download aplikasi, keduanya sama-sama gratis.

Kemudahan itu juga ditunjang dengan lengkapnya fitur yang ada pada Al-Qur’an online. Kita bisa membaca terjemahan setiap ayat, bahkan membaca tafsir dari berbagai ahli tafsir Al-Qur’an.


2. Lebih Hemat

Al-Qur’an online memang membutuhkan koneksi internet, yang tentu saja membutuhkan kuota internet untuk mengaksesnya. Namun demikian, saat ini harga paket data sudah semakin murah.

Selain itu, paket data juga pasti kita butuhkan untuk sarana berkomunikasi melalui pesan singkat seperti WhatsApp misalnya.

Meski membutuhkan paket data internet, tapi perlu diingat, bahwa situs atau aplikasi Al-Qur’an online bisa diakses secara cuma-cuma alias gratis.

Alhasil, Al-Qur’an online tentu lebih hemat jika dibandingkan dengan Al-Qur’an fisik konvensional, yang juga dilengkapi dengan terjemahan dan tafsir.


3. Dua Jenis Tafsir dan Terjemahan

Membaca Al-Qur’an, tentu kurang afdol jika tidak membaca terjemahannya. Karena dengan terjemahan Bahasa Indonesia, kita jadi semakin memahami isi dari ayat-ayat Al-Qur’an.

Selain terjemahan, tafsir pun perlu dipahami sebagai bagian dari melengkapi khazanah keislaman umat muslim.

Nah, di sinilah kelebihan Al-Qur’an online jika dibandingkan dengan Al-Qur’an fisik pada umumnya. Situs atau aplikasi Al-Qur’an online dilengkapi dengan tafsir dari berbagai mufasir.

Mulai dari tafsir tahlili yang merupakan 30 juz dan tafsir ringkas, yang juga dilengkapi dengan suara murratal Al-Qur’an yang bersumber dari Mushaf Attin berstandar Indonesia.

Tak hanya tafsir Kemenag RI, situs atau aplikasi Al-Qur’an online, biasanya dilengkapi dengan banyak tafsir lain seperti Tafsir al-Mukhtashar hingga Tafsir al-Muyassar. []

Berita terkait
Doa Sapu Jagat untuk Keselamatan Dunia Akhirat
Dari sekian banyak doa, doa sapu jagat menjadi salah satu doa yang paling banyak dilafalkan oleh kaum muslim.
Doa yang Selalu Dibaca Nabi Muhammad Ketika Turun Hujan Deras
Membaca doa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT adalah cara paling mudah agar terhidar dari musibah.
Tata Cara dan Doa Tayamum, Lengkap dengan Artinya
Namun ditempat yang sumber air terbatas atau kering, maka dapat melakukan tayamum penggantu wudhu.
0
5 Makanan yang Sempat Viral Selama Pandemi Covid-19
Selama pandemi ini, banyak masyarakat Indonesia yang jadi mempunyai hobi baru dan salah satunya adalah memasak. Ini makanan yang viral.