Mohamed Salah, Penyerang Liverpool Asal Mesir

Mohamed Salah setelah mencetakkan gol ke-130 di semua kompetisi menjadikannya resmi masuk klub elite Liverpool
Mohamad Salah tahun 2016 saat bergabung di klub AS Roma (Foto: Instagram.com/mosalah)

Jakarta - Penyerang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, dengan nama lengkap Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly, pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Anfield, 18 September 2021, kembali mencatat milestone dengan mencetakkan gol ke-130 bagi Liverpool di semua kompetisi.

Mohamed Salah merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai penyerang untuk klub Inggris Liverpool dengan nomor punggung 11. Ia memiliki peran penting dalam Liverpool untuk memenangkan pertandingan. Sebagai pemain bola muslim, pencapaian Mohamed Salah mampu meredakan Islamphobia yang terjadi di Eropa dan dunia.

Lahir pada 15 Juni tahun 1992 di Nagrig, Gharbia, Mesir, dari masa mudanya Salah sudah sangat menyukai olahraga sepak bola, ia mengidolakan pemain bola asal Eropa, yaitu Zinedine Zidane dan Luis Figo. Setiap hari, ia menonton pertandingan sepak bola melalui televisi.

gol salahMohamed Salah mencetak gol kedua Liverpool melewati kipper West Ham United, Lucasz Fabianski (Foto: theguardian.com - Justin Setterfield/AP)

Yang tadinya Mohammed Salah bermain sepak bola hanya untuk bersenang-senang, ia memulai karirnya sebagai pemain sepak bola di tim El Mokawloon dari Kairo. Dengan usia yang masih muda, Ia selalu dipilih sebagai bek sayap.

Saat timnya baru saja merayakan kemenangan pertandingan dengan skor 4-0, Salah justru pada saat itu menangis karena gagal mencetak gol. Pelatih menyadari betapa bersemangatnya Salah dalam mencetak gol, sehingga pelatihnya mendorong ia untuk maju dan mengarahkan karirnya ke jalur yang berbeda.

Setelah terjadi bencana di Stadion Port Said dan Revolusi Mesir, kejuaraan nasional ditangguhkan. Klub Swiss Basel menawarkan kontrak untuk Salah. Pada April 2012, ia menandatangani kontrak selama 4 tahun dengan Basel. Performanya yang bagus membuat ia terpilih sebagai Pemain Paling Berharga di Liga Super Swiss dan juga memenangkan penghargaan Pemain Emas Swiss.

Lalu pada tahun 2014, klub Chelsea, Inggris, menariknya bermain di Premiere League dan mencetak gol pertama saat melawan Arsenal pada bulan Maret 2014. Salah sempat menjadi berita utama pada Juli 2014, ketika ia mengambil risiko harus menghentikan sementara karir sepak bolanya untuk melaksanakan wajib militer di negaranya, tetapi setelah diadakannya perundingan, Salah tidak perlu mengikuti wajib militer.

Pada bulan Februari tahun 2015, ia pindah ke Fiorentina dengan status pinjaman, dan pengaruhnya terhadap sepak bola Italia sangat cepat, ia mencetak 9 gol dalam 26 pertandingan. Lalu debut di Fiorentina pada 14 Februari 2015.

salah cetak gol ke palaceMohamad Salah setelah mencetak gawang Crystal Palace pada Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Anfield, 18 September 2021 (Foto : Instagram.com/mosalah)

Pada Agustus 2015, dengan hal yang sama, ia dipindahkan ke Roma dengan status pinjaman. Lalu pada September 2015, klub Fiorentina jengkel dengan pelanggaran kontrak Chelsea, lalu mengajukan kasus kemudian diselesaikan, namun Salah tetap menjalani karirnya di Roma.

Lalu pada bulan Juni 2017, Salah menyetujui kontrak jangka panjang dengan klub Inggris Liverpool seharga 50 juta pound sterling. Dengan demikian, dia menjadi pemain Mesir pertama di Liverpool dan mencetak gol dalam pertandingan debutnya saat melawan Watford.

Di Liverpool, Mohamed Salah memenangkan trofi Liga Champions 2019, Liga Inggris musim 2019-2020 dan UEFA Super Cup 2019. Hingga saat ini, Salah menjadi peran penting dalam setiap pertandingan dan telah mencetak 30 gol selama karirnya di Liverpool. Hal itu membuatnya termasuk dalam 10 besar top scorer Liverpool sepanjang masa.

- Alifia Adra

Infografis: Perjalanan Panjang Mohamed Salah

Pujian Jurgen Klopp untuk Penampilan Mohamed Salah

Jadwal Final Liga Inggris

Dua Gol Mohamed Salah Naikkan Peringkat Liverpool

Berita terkait
Mohamed Salah Unggul Gol di Liga untuk Liverpool
Mohamed Salah paling banyak cetak gol dalam 100 penampilan pertama di Liga untuk Liverpool. Analisis Sam Williams dilansir di liverpoolfc.com
0
Mohamed Salah, Penyerang Liverpool Asal Mesir
Mohamed Salah setelah mencetakkan gol ke-130 di semua kompetisi menjadikannya resmi masuk klub elite Liverpool