UNTUK INDONESIA
Moeldoko Ngaku Jokowi Menginspirasinya
Kepala kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengaku Presiden Jokowi menginsiprasinya. Dalam hal apa?
Kepala Staf Presiden Moeldoko mendampingi Presiden Joko Widodo yang bersiap memberikan keterangan pers terkait penembakan pekerja Trans Papua oleh kelompok kriminal bersenjata, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018). Presiden mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban serta memerintahkan prajurit TNI dan Polri untuk mengejar dan menangkap seluruh pelaku dan menjamin pengerjaan jalan Trans Papua tetap berjalan dengan pengamanan petugas keamanan. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Kepala kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengaku banyak belajar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjalankan tugasnya. Jokowi menjadi sosok menginspirasi eks Panglima TNI tersebut.

Tugasnya selama ini memang lekat dengan kerja Jokowi. Buah pikiran banyak diperolehnya ketika mendampingi presiden.

"Saya banyak belajar waktu di lapangan. Saya cermati Pak Jokowi gimana approaching dengan masyarakat, lalu gaya beliau, mendengarkan aspirasi, gaya beliau menjawab semua pertanyaan," kata Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Alhamdulilah saya mencoba memahami dan menurut saya kurang lebih 2-3 bulan saya sudah mulai lancar ngomong.

Bekerja berdampingan dengan Jokowi, baginya sulit terlupakan. "Memberikan suasana baru dan di bidang leadership membuat keputusan dan banyak sekali yang saya dapatkan dalam bekerja Jokowi," tuturnya.

Moeldoko juga menceritakan pengalamannya saat baru menjabat di KSP.

"Saya di KSP itu saya dari prajurit yang sekian lama bekerja di lingkungan yang khususnya kepemimpinan saya. Saya bekerja dalam kondisi heterogen, berbagai warna karena maksudnya warna pekerjaan bukan warna parpol, ini memperkaya saya. Saya betul merasakan pekerjaan di KSP meberikan warna baru di saya," kata dia.

Moeldoko mengutarakan perasaannya saat menghadapi pertanyaan wartawan. Menurutnya, menghadapi banyaknya lontaran pertanyaan menjadikannya banyak belajar.

"Karena awal-awal saya dianggap waktu itu tahu persis, apa yang saya jalani dan seolah-olah wartawan menganggap saya seminggu sudah menguasai semua. Ditanya ini itu, saya jujur seperti loncat ke kolam renang tapi gak bisa renang," ucap dia.

Moeldoko mengungkapkan perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Hingga akhirnya, semua berjalan dengan baik dan lancar. "Alhamdulilah saya mencoba memahami dan menurut saya kurang lebih 2-3 bulan saya sudah mulai lancar ngomong, sudah mulai memahami berbagai hal," kata dia.

Moeldoko menyampaikan, KSP akan dibubarkan besok, pada Sabtu 19 Oktober 2019.

Berita terkait
Harapan Rocky Gerung Jika Prabowo Gabung Kabinet Jokowi
Rocky Gerung menyebutkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mampu membuat perubahan di pemerintahan jika gabung Kabinet Jokowi
Adian Napitupulu Kembali Dipanggil Jokowi ke Istana, Sinyal Menteri?
Politikus PDIP kembali memenuhi panggilan Presiden Jokowi ke Kompleks Istana Kepresidenan. Apakah terkait posisi menteri untuk aktivis 98 tersebut?
Moeldoko: Kemungkinan Jokowi Umumkan Kabinet Usai Pelantikan
Moeldoko mengatakan ada kemungkinan Jokowi akan mengumumkan jajaran kabinet periode kedua usai pelantikan dilaksanakan di gedung MPR/DPR.
0
Spot Nasi Gratis di Jalan Wonosari Bantul
Seorang pria paruh baya mengambil sebungkus nasi dari etalase kaca tanpa perlu membayar. Hal ini terjadi di Jalan Wonosari Km 12, Piyungan, Bantul.