UNTUK INDONESIA
Modus Pencurian Laptop dan Ponsel di Indekos Kota Yogyakarta
Seorang pria menggasak laptop dan ponsel di sebuah indekos yang ada di Kota Yogyakarta. Begini modusnya.
Terduga pelaku pencurian laptop dan ponsel di indekos yang berada di Kota Yogyakarta tertangkap kamera CCTV. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Seorang pria tidak dikenal berhasil menggondol laptop di sebuah rumah kos wilayah Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Terduga pelaku melancarkan aksinya dengan cara berpura-pura mencari kamar kosong.

Kebetulan kamar yang didatangi sudah penuh. Namun terduga tidak meninggalkan area indekos. Terduga pelaku tetap masuk meski tidak menunjukkan gerak-gerik mencurigakan. Kemudian meminta izin untuk melihat kos dengan bangunan dua lantai tersebut.

Bayu Hidayat usia 24 tahun, salah satu penghuni kos setempat mengatakan, rupanya dugaan pencurian tersebut dilakukan kala teduga melihat-lihat kos. Sementara pada waktu yang bersamaan, banyak penghuni kos yang sedang melaksanakan ibadah salat.

Baca Juga:

Dugaan pencurian tersebut rupanya juga telah dipersiapkan oleh pelaku. “Pelaku datang ke sini mau cari kos, tapi kamarnya penuh. Yang menemui pelaku teman-teman yang tidak Jumatan. Setelah itu, teman kos lain tak memperhatikan lagi karena dikiranya sudah pergi setelah melihat-lihat kos,” kata Bayu kepada wartawan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa, 27 Oktober 2020.

Menurutnya, peristiwa dugaan pencurian terjadi pada Jumat, 23 Oktober 2020 sekitar pukul 11.30 WIB. Teduga pelaku menggasak satu laptop, handphone dan dompet penghuni kos. Saat kejadian, penghuni kos sedang bersiap ke masjid menunaikan salat Jumat. Apes,sejumlah barang berharap tersebut adalah miliknya.

Setelah itu, teman kos lain tak memperhatikan lagi karena dikiranya sudah pergi setelah melihat-lihat kos.

Bayu merupakan mahasiswa di Yogyakarta. Di dalam laptop yang hilang, terdapat sejumlah tugas kuliah daring. “Yang dicuri itu laptop saya. Banyak tugas yang harus segera dikumpulkan. Saya terpaksa mengerjakan dua kali,” ucapnya.

Bayu mengatakan, aksi teduga pelaku saat mencuri terekam cctv indekos, saat itu terduga pelaku tidak langsung pergi. Terduga pelaku sempat melihat situasi lantai satu.

Bayu mengaku jika kamarnya memang terletak di ujung. Terduga pelaku baru terlihat keluar indekos setelah 10 menit berada di ujung kamar. "Jadi setelah dikira pergi, orang ini seperti mengecek situasi di lantai 1. Sayang gerak-geriknya tidak semuanya terekam cctv. Hanya saja dia ke kamar pojok dan lama sekali," ujarnya.

Peristiwa tersebut juga dibagikan bayu ke Grup Facebook, Info Cegatan Jogja Update. Bayu berharap kejadian yang dia alami tak terjadi oleh penghuni lain yang ada di wilayah tempat tinggalnya.

Baca Juga:

Kapolsek Gondokusuman, Komisaris Polisi Bonifasius Slamet mengataka jika korban belum melaporkan peristiwa yang dialami. "Saat ini belum kami belum menerima laporan dugaan pencurian. Kalau ingin segera diusut harap membuat laporan di kantor polisi,” kata Kompol Boni.

Pihaknya ikut mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada ketika bertemu dengan orang baru. Jika orang mencari kamar kosong di sebuah indekos, harus diwaspadai dan benar-benar dipastikan orang tersebut pergi. "Harus saling waspada terdapat orang tak dikenal. Karena kita tidak tahu niat sebenarnya orang-orang baru yang kita temui. Untuk keamanan, petugas lkepolisian terus melakukan KRYD, hal itu untuk menciptakan keamanan juga di lingkungan masyarakat," ucapnya. []

Berita terkait
Aksi Nekat Pencurian Sepeda Lipat di Godean Sleman
Aksi pencurian sepeda terjadi di Godean, Sleman, Yogyakarta. Aksinya tergolong nekat karena memanjat tembok setinggi dua meter.
Pencurian Uang Jutaan di Obwis Embung Langensari Yogyakarta
Pedagang di Obwis Embung Langengsari Kota Yogyakarta kehilangan jutaan rupiah setelah digondol pembeli. Berikut ciri-ciri pelakunya.
Pencurian CPU Backhoe Proyek Jalur KA Bandara di Kulon Progo
Pencurian terjadi di proyek pembangunan rel KA Bandara YIA Kulon Progo. Dua CPU dan alat lain digondol pencuri. Vendor merugi Rp 200 juta.
0
Modus Pencurian Laptop dan Ponsel di Indekos Kota Yogyakarta
Seorang pria menggasak laptop dan ponsel di sebuah indekos yang ada di Kota Yogyakarta. Begini modusnya.