UNTUK INDONESIA
Mobil Otonom Mercedes-Benz Meluncur di CES 2020
Mobil otonom garapan Mercedes-Benz meluncur di ajang CES 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin, 6 Januari 2020.
Mobil otonom Mercedes-Benz terinspirasi dari film Avatar. (Foto: Reuters/Steve Marcus)

Jakarta - Mobil otonom garapan Mercedes-Benz meluncur di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Senin, 6 Januari 2020. Mobil tersebut terinspirasi dari film garapan rumah produksi 20th Century Fox, Avatar, dengan mengusung konsepVision Advanced Vehicle Transformation atau AVTR.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Jumat, 10 Januari 2020, konsep Vision AVTR sejalan dengan visi Mercedes-Benz untuk mobilitas pada masa depan, dengan desain interaksi yang sepenuhnya baru antara manusia, mesin, dan alam. Hal tersebur diungkapkan oleh Källenius, Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG.

Mobil Otonom Mercedes-BenzMobil otonom Mercedes-Benz meluncur di ajang pameran CES 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin, 6 Januari 2020. (Foto: Reuters/Steve Marcus)

"Kami bertujuan memproduksi kendaraan netral karbon, menumbuhkan pangsa kendaraan listrik yang terjual dan memiliki armada mobil penumpang karbon netral baru pada tahun 2039," ujar Källenius.

Terinspirasi dari film Avatar, proses pembuatan Mercedes-Benz Vision AVTR melibatkan James Cameron sutradara film "Avatar" dan timnya agar konsep dan teknologinya dapat selaras. Vision AVTR memiliki teknologi canggih dan desain yang berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya.

Sesuai konsep otonom, mobil ini tidak memiliki setir dan penumpang dapat mengendalikan mobil dengan pusat kontrol yang berbentuk oval, terletak di antara dua jok depan.

Mobil Otonom Mercedes-BenzMobil otonom Mercedes-Benz memiliki 33 flap bionik yang dapat bergerak ke segala arah dan menyerupai sisik reptil.(Foto: Mercedes-Benz)

Interior mobil ini terbuat dari plastik daur ulang dan kulit imitasi "Dinamca" vegan. Lantainya terbuat dari rotan yang disebut "Karuun". Bagian kabin disematkan layar besar berbentuk segitiga, serta empat jok yang dibuat menyerupai struktur tempat tidur gantung Avatar.

Sementara pada bagian belakang, mobil ini memiliki 33 flap bionik yang dapat bergerak ke segala arah, dan menyerupai sisik reptil. Flap tersebut berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar mobil.

Pada bagian velg, mobil ini dibuat seperti "Seed of the Tree of Souls" dalam film "Avatar, berbentuk bola dan dapat berputar ke mana saja, sehingga mobil dapat berjalan ke samping dan juga secara diagonal.

Untuk urusan mesin, mobil listrik ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 470 HP dengan kapasitas baterai 110 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 700 kilometer untuk sekali pengisian daya. []

Berita terkait
Mobil Listrik Sony Vision-S di CES 2020
Sony memperkenalkan kendaraan konsep full electric yang bernama Sony Vision-S.
Mobil Listrik Terbaru BMW iX3 Rilis Awal 2020
BMW resmi mengumumkan akan memproduksi mobil listrik terbarunya, yakni iX3 pada awal 2020.
Mobil Listrik Nissan Leaf Melakukan Drifting
Sebuah video menunjukkan seorang pengemudi profesional melakukan drifting menggunakan mobil Nissan Leaf di suatu area.
0
Tak Hafal Pancasila, Ini Komentar Kalista Iskandar
Finalis Putri Indonesia asal Sumatera Barat, Kalista Iskandar, menanggapi santai komentar netizen pasca dirinya salah mengucapkan pancasila.