UNTUK INDONESIA
Mobil Listrik Hyundai Kona Kena Recall, Ini Penyebabnya
Penarikan ini disebabkan karena adanya kecacatan pada baterai yang berpotensi kebakaran.
Mobil listrik Hyundai Kona. (Foto: Tagar/Hyundai)

Jakarta - Hyundai Motor Company mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap 25.564 unit mobil listrik Kona. Penarikan ini disebabkan karena adanya kecacatan pada baterai yang berpotensi kebakaran.

Dilansir dari BusinessKorea, Selasa, 13 Oktober 2020, Kementerian Transportasi Korea Selatan mengumumkan bahwa pada mobil listrik Hyundai Kona ditemukan adanya cacat pada baterai bervoltase tingginya. Penarikan ini mencakup Kona full listrik yang diproduksi September 2017 dan Maret 2020.

“Recall merupakan tanggapan proaktif terhadap unit produksi yang diduga rusak dari baterai bertegangan tinggi yang digunakan dalam kendaraan, yang mungkin telah berkontribusi pada kebakaran yang dilaporkan,” kata Hyundai.

Hingga saat ini diketahui sudah ada 13 insiden kebakaran yang melibatkan Kona listrik, masing-masing terjadi di Kanada dan Austria. Pihak Hyundai telah menindaklanjuti kejadian ini dan mulai 16 Oktober 2020, perusahaan akan me-recall secara sukarela Kona listrik untuk dilakukan penggantian baterai dan pembaruan perangkat lunak.

Mobil listrik Kona menggunakan baterai yang diproduksi oleh LG Chem. Menanggapi insiden ini, pihak LG mengatakan masih belum menemukan penyebab pasti kebakaran dan menurut LG penyebab kebarakn ini tidak dapat dikaitkan dengan sel baterai yang rusak. Pun demikian, LG Chem akan melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai temuan ini.[]

Berita terkait
Potensi Terbakar, Hyundai Akan Tarik Mobil Listrik Kona
Hyundai Motor Co tengah meninjau, apakah akan memperluas penarikan kembali untuk diperbaiki (recall) kendaraan listrik Kona secara global.
Baterai Penuh, Hyundai Kona Bisa Tempuh 1.000 Km
Hyundai Kona Electric mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer untuk satu kali pengisian penuh daya baterai.
Hyundai Kona Siap Masuk Indonesia, Berapa Harganya
Hyudai Kona sudah lolos Sertifikasi Uji Tipe (SUT) dan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) di Indonesia.
0
Bantahan Pihak Kemenkominfo Soal Kapasitas CEIR
Dirjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika, Kemenkominfo Ismail membantah informasi soal kapasitas mesin CIER.