UNTUK INDONESIA
Mobil Diseret KA Sejauh 150 Meter, Warga Tegal Selamat
Salah satu seorang mata, mengaku melihat mobil tetap melintas saat palang pintu sudah mulai ditutup oleh petugas.
Kondisi mobil usai ditabrak KA Tegal Bahari ‎di perlintasan KA Tirus, Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis 13 September 2019. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - Sebuah mobil tertabrak kereta api (KA) Tegal Bahari di perlintasan KA Tirus, Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis 13 September 2019. Pengendara mobil selamat karena sempat menyelamatkan diri sebelum tabrakan.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Bermula ketika mobil Toyota Rush G 6574 BP tengah melintas dari selatan. Saat belum sepenuhnya melintasi rel, mobil berwarna putih itu terhenti karena as roda belakangnya tersangkut di rel, karena kondisi aspal jalan yang terkikis dan berlubang.

Di saat bersamaan, KA Tegal Bahari dengan nomor lokomotif 63 melintas dari‎ arah timur. Seketika kereta tujuan Tegal-Pasar Senen, Jakarta itu pun menghantam bagian belakang mobil dan menyeretnya sejauh sekitar 150 meter.

Beruntung pengemudi mobil, Dyah Widyastuti, 56 tahun‎, warga Kelurahan Slawi Wetan, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, yang panik sempat turun dari mobil untuk menyelamatkan diri sebelum kereta menabrak.

Menurut penjaga palang pintu, Sugito, ‎palang pintu kereta sudah tertutup setengah dan sirine berbunyi namun pengemudi mobil nekat menerobos‎.

Tepat di tengah rel, mobil mogok dan pengemudi langsung turun dari mobil

"Pengemudi sempat turun dan berteriak minta tolong pada saya agar kereta dihentikan. Tetapi sudah tidak bisa karena sebentar lagi kereta melintas," katanya di lokasi kejadian.

‎Salah satu seorang mata, Iwan, 36 tahun, mengaku melihat mobil tetap melintas saat palang pintu sudah mulai ditutup oleh petugas.

"Mobil nekat menerobos palang pintu lalu terjebak. Saat pengemudi meminta tolong saya sempat membantu mendorong mobilnya. Tetapi, saat kereta sudah mulai mendekat saya menyerah lalu minggir," ujarnya.

‎Akibat ditabrak, kondisi mobil mengalami kerusakan parah di bodi bagian belakang. Begitu juga kondisi kaca yang pecah berserakan.

"Kalau pengemudinya tidak apa-apa karena sempat turun. Cuma satu orang yang ada di mobil," tambah Iwan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tegal Kota AKP Ben Aras mengatakan, penyebab kecelakaan diduga karena pengemudi mobil tidak memperhatikan bunyi sirine saat palang pintu mulai menutup dan terus melaju.

"Tepat di tengah rel, mobil mogok dan pengemudi langsung turun dari mobil dan meminta bantuan warga untuk mendorongnya namun tidak berhasil hingga akhirnya tabrakan tak dapat dihindari," ujarnya. []‎ 

Berita terkait
Curi Motor, Tukang Parkir Diringkus Polres Tegal
Resmob Polres tegal meringkus pelaku pencurian sepeda motor yang berprofesi sebagai tukang parkir.
Terinspirasi Jokowi, Siswa di Tegal Bikin Motor Chooper
Sepeda motor berjenis chopper yang ditunggangi Presiden Joko Widodo (Jokowi), jadi inspirasi sejumlah siswa SMK Bhakti Praja, di Tegal.
Bunuh Teman, Wanita di Tegal Divonis 5 Tahun Penjara
Dua wanita di bawah umur yang merupakan pelaku pembunuhan terhadap Nur Hikmah, divonis majelis hakim PN Slawi dengan hukuman 5 tahun penjara.
0
Bupati Minahasa Datang Bukan Atas Undangan Jokowi
Kedatangan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu ke Istana bukan atas undangan Presiden Jokowi tapi usulan dari Partai Golkar