MKEK IDI Tindak Dokter Lois Owien Terkait Covid-19

Pernyataan dokter Lois yang viral terkait Covid-19 setelah dirinya mengunggah pandanganya di media sosial mendapat respon dari MKEK IDI.
Covid-19. (Foto: Tagar/Sumbar Government)

Jakarta - Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) tidak tinggal diam terkait pernyataan dokter Lois Owien tentang Covid -19.

Pernyataan dokter Lois viral terkait Covid-19 setelah dirinya mengunggah pandanganya di beberapa media sosial miliknya.

Merespons pernyataan yang tidak sesuai dengan realita yang ada di lapangan, IDI bertindak cepat dengan memanggil dokter Lois.

"MKEK sedang panggil yang bersangkutan," ucap Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng M Faqih kepada Kompas.com, Minggu 11 Juli 2021.

Dalam pernyataanya dokter Lois yang dikutip dari Instagram @dr.tirta mengatakan bahwa beberapa pasien yang diberikan antivirus, Azithromycin, Metmorfin, dan obat TB dapat menyebabkan Asidosis Laktat.

Asidosis laktat atau lactate acidosis sendiri merupakan kondisi tubuh yang memproduksi asam laktat yang berlebihan. Kondisi ini terjadi saat tubuh melakukan metabolisme anaerob (kadar oksigen rendah).

Asidosis laktat dapat disebabkan oleh kanker, konsumsi alkohol yang berlebihan, gagal hati, gagal jantung, hipoglikemia dalam jangka waktu lama, sepsis, dan kelainan genetik, seperti MELAS.

Melihat hal tersebut, Daeng mengungkapkan bahwa tidak ada laporan terkait kondisi pasien yang memburuk akibat interaksi obat.

"Tidak ada laporan pasien dengan Covid meninggal karena interaksi obat," kata dia. []


Baca juga

Berita terkait
Vaksin Covid-19 Moderna Untuk Rakyat dan Booster Tenaga Kesehatan
Vaksin Covid-19 Moderna akan digunakan untuk vaksinasi rakyat Indonesia dan juga sebagai suntikan ketiga atau booster bagi para tenaga kesehatan
Klaster Covid-19 di Nashville Amerika Terkait Pertemuan Keagamaan
Para pejabat kesehatan Negara Bagian Tennessee, AS, mengatakan satu klaster kecil infeksi Covid-19 ada kaitannya dengan pertemuan keagamaan
Duka Jokowi untuk Korban Covid-19 yang Meninggal Dunia
Presiden Joko Widodo mengucapkan duka cita kepada seluruh korban Covid-19 yang meninggal dunia. Ia juga ajak masyarakat taat protokol kesehatan.
0
MKEK IDI Tindak Dokter Lois Owien Terkait Covid-19
Pernyataan dokter Lois yang viral terkait Covid-19 setelah dirinya mengunggah pandanganya di media sosial mendapat respon dari MKEK IDI.