UNTUK INDONESIA
MIUI 12 akan Jadi Pembaruan Terakhir Lima Ponsel Ini
Kehadiran MIUI 12 sepertinya akan menjadi pembaruan terakhir bagi lima perangkat terpopuler Xiaomi berikut ini.
Xiaomi Mi Note 3. (Foto: GSM Arena)

Jakarta - Xiaomi telah resmi meluncurkan sistem antarmuka  (interface) terbaru mereka, yakni MIUI 12. Dalam postingan resmi perusahaan di Mi Community China, raksasa teknologi asal China ini juga menyebutkan bahwa MIUI terbaru ini akan menjadi pembaruan terakhir untuk lima perangkat populer Xiaomi.

Melansir laman Gizmochina, Rabu, 29 April 2020, Xiaomi mencatatkan ada lima perangkat yang akan mendapatkan pembaruan terakhir MIUI 12 pada 20 Juni 2020. 

Lima perangkat tersebut adalah Xiaomi Mi 6, Xiaomi Mi 6X, Xiaomi Mi Note 3, Xiaomi Mi Mix 2, dan Redmi Note 5.

Kelima ponsel tersebut selanjutnya mungkin tidak akan menerima pembaruan MIUI 13, yang saat ini memiliki 'Survei Desain Fitur' yang sudah tayang di Mi Community China.

Setelah pengembangan MIUI China Beta ROM untuk perangkat ini berakhir, mereka akan menerima MIUI 12 Stable build sesuai dengan jadwal pembaruan atau timeline yang disediakan oleh perusahaan.

Selain itu, mereka mungkin menerima satu atau dua pembaruan pemeliharaan untuk memperbaiki bug. Dan itu bisa menjadi akhir dari dukungan perangkat lunak resmi untuk handset ini, kecuali Xiaomi berubah pikiran.

Xiaomi memang telah berhenti merilis MIUI Global Beta builds dari tahun lalu. Namun, perusahaan terus menyediakan build beta untuk MIUI China ROM. Kapan pun perusahaan menjatuhkan dukungan untuk beta build untuk perangkatnya, kemungkinan tidak akan menerima iterasi MIUI berikutnya.

Perlu dicatat bahwa Mi 6 belum diputuskan oleh perusahaan untuk mendapatkan pembaruan yang stabil. Redmi Note 5 yang disebutkan di sini adalah varian China, yang populer dengan Redmi Note 5 Pro di India.

Meskipun kelima perangkat ini tidak akan mendapatkan pembaruan lagi, namun diharapkan ponsel-ponsel tersebut masih tetap up to date selama beberapa tahun kedepan, karena kelima ponsel ini memang masih populer di komunitas modding Android.[]

Berita terkait
Fitur Baru dan Perangkat yang Mendukung MIUI 12
Xiaomi resmi merilis sistem antarmuka terbaru mereka, yakni MIUI 12. Berikut adalah fitur terbaru yang hadir dan daftar perangkat yang kompatibel.
Xiaomi Hadirkan Dark Mode 2.0 Pada MIUI 12
Xiaomi mengonfirmasi bahwa MIUI 12 akan meluncur pada 27 April 2020 bersamaan dengan Mi 10 Youth Edition.
Xiaomi Mi 6 dengan Spesifikasi Baru akan Diluncurkan
Xiaomi dikabarkan tengah menyiapkan ponsel seri Mi 6, yang akan dirilis kembali dengan spesifikasi dan tampilan yang berbeda.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.