UNTUK INDONESIA
Milan Tiba di Turin, Laga Lawan Juventus Dibatalkan
Juventus gagal gelar laga kedua semifinal Coppa Italia melawan AC Milan di Stadion Allianz, Kamis, 5 Maret 2020 dini hari WIB karena virus corona.
Juventus gagal gelar semifinal kedua Coppa Italia melawan AC Milan di Stadion Allianz, Kamis, 5 Maret 2020 dini hari WIB. Laga ditunda karena wabah virus corona. Tampak bintang Juve Cristiano Ronaldo melepaskan tendangan salto di semifinal pertama yang berakhir imbang 1-1. (Foto: juventus.com)

Jakarta - Juventus gagal menggelar pertandingan kedua semifinal Coppa Italia melawan AC Milan di Stadion Allianz, Kamis, 5 Maret 2020 dini hari WIB. Pembatalan laga itu diumumkan tak lama setelah bus yang membawa tim Milan tiba di Turin. Dibatalkannya laga penentuan bagi kedua tim disebabkan wabah virus corona di Italia. 

Laga itu memang sempat mengalami ketidakpastian. Semula laga akan digelar tertutup, tetapi kemudian dinyatakan terbuka. Artinya laga bisa disaksikan penonton dengan persyaratan yang ketat. 

Penonton dari wilayah yang memiliki risiko tinggi virus corona seperti Lombardy, Emilia-Romagna dan Veneto tidak diizinkan datang ke stadion. Sebaliknya warga dari wilayah masih bisa menyaksikan laga itu. Apalagi Wilayah Piedmont, yang membawahi Kota Turin, yang menjadi tempat pertandingan tidak termasuk area larangan.

Saya berharap itu tidak benar. Pemerintah seharusnya tidak mengizinkan bila memang ingin melindungi keselamatan warganya

Dalam perkembangannya, rencana menggelar pertandingan secara terbuka ditinjau kembali karena dinilai terlalu riskan. Apalagi, pemerintah Italia sudah mengeluarkan dekrit tidak mengizinkan adanya kegiatan yang mengundang keramaian. 

Laga Terbuka Juve Lawan Milan Undang Kecaman 

Hanya rencana laga Juve melawan Milan yang digelar secara terbuka tetap mengundang kecaman karena membuka peluang terjadi penularan virus corona. Tidak kurang pakar mikrobiologi Roberto Burioni mengecam laga tersebut yang mengizinkan adanya penonton. 

"Saya berharap itu tidak benar. Pemerintah seharusnya tidak mengizinkan bila memang ingin melindungi keselamatan warganya." Demikian tulis Burioni, profesor mikrobiologi dan virologi, di Twitter

Namun dalam perkembangannya, dewan kota memutuskan menunda pertandingan Juve melawan Milan. Apalagi situasi di Italia kian memburuk dengan mewabahnya virus corona

Tercatat sedikitnya 27 orang meninggal dalam 24 jam terakhir. Ini menjadikan virus corona sudah merenggut 79 nyawa di Italia. Sedangkan temuan kasusnya meningkat menjadi 2.502 orang.

Penundaan laga diputuskan hanya beberapa jam setelah bus Milan tiba di Turin. Belum diputuskan kapan laga itu akan digelar.

Pada laga kedua, Cristiano Ronaldo dkk hanya butuh imbang tanpa gol untuk meraih tiket ke final. Pasalnya pada semifinal pertama, Bianconeri sukses menahan Milan 1-1. 

Sedangkan Milan harus menang atau bermain imbang dengan skor 2-2 untuk menyingkirkan Juve. Sayangnya, Rossoneri kehilangan striker Zlatan Ibrahimovic karena akumulasi kartu. []

Berita terkait
AC Milan Gonjang-ganjing Jelang Lawan Juventus
AC Milan mengalami konflik internal jelang lawan Juventus. Pasalnya Milan akan merekrut pelatih Ralf Rangnick untuk menggantikan Stefano Pioli.
Wabah Corona, Juve Vs Milan dan Lyon Tanpa Penonton
Wabah virus corona menjadikan laga Juventus di Coppa Italia maupun Liga Champions kemungkinan digelar tanpa penonton.
Corona Mengancam, Juventus Vs Milan Tetap Digelar
Juventus diizinkan menggelar laga kedua semifinal Coppa Italia melawan AC Milan di Stadion Allianz di tengah wabah virus corona di Italia.
0
WN Lithuania Meninggal Dunia di Pantai Sawangan Bali
WN Lithuani bernama Anatolij Vulf sempat hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Bali pada pukul 18.00 Wita.