UNTUK INDONESIA
Microsoft Resmi Stop Penggunaan Windows 7
Windows 7 masih dapat digunakan tapi tidak akan ada pembaruan software dan perbaikan keamanan.
Ilustrasi Windows 10. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Microsoft Corporation, perusahaan multinasional milik Bill Gates, resmi menghentikan dukungan penggunaan Windows 7, terhitung sejak Selasa, 14 Januari 2020. Kendati demikian Windows 7 masih dapat digunakan tapi tidak akan ada pembaruan software dan perbaikan keamanan.

Dikutip dari laman resmi Microsoft, Selasa, 14 Januari 2020, mulai hari ini Windows 7 akan memasuki fase end of life yang berarti tidak akan ada dukungan sama sekali bagi pengguna sistem operasi (OS) perusahaan yang berbasis di Washington, Amerika Serikat ini.

"Dukungan untuk Windows 7 mendekati akhir setelah 10 tahun, dukungan untuk Windows 7 akan segera berakhir pada 14 Januari 2020. Kami tahu perubahan bisa sulit, jadi kami di sini untuk membantu Anda dengan rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan untuk menjawab pertanyaan tentang akhir dukungan," tulis Microsoft.

Microsoft menganjurkan kepada pengguna Windows 7 untuk melakukan pembaruan (upgrade) ke Windows 10. Hal tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat sudah tidak ada dukungan Microsoft terhadap Windows 7.

"Meskipun Anda dapat terus menggunakan PC Anda yang menjalankan Windows 7, tanpa melanjutkan pembaruan perangkat lunak dan keamanan, itu akan berisiko lebih besar untuk virus dan malware. Ke depan, cara terbaik bagi Anda untuk tetap aman adalah pada Windows 10," lanjutnya.

Windows 7 sudah beroperasi sejak satu dekade lalu, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2009. Hingga saat ini pengguna sistem operasi ini sebesar 39 persen dari total pengguna microsoft, seperti dilansir dari Techradar.com, Selasa, 14 Januari 2020.

Pada 13 Januari 2015, sebenarnya Windows 7 sudah mengalami banyak pengurangan dukungan dari Microsoft. Hal tersenut membuat Windows 7 mengalami fase yang disebut 'Extended Support' selama periode tersebut sampai dengan saat ini.

Extended Support (eXS) merupakan layanan bantuan ekstra yang dilakukan untuk menginstall program, mendeteksi kesalahan program, management account, dan membantu mengatur account hosting. Selama periode tersebut, Windows 7 sudah tidak ada lagi fitur baru dan tidak berlaku untuk klaim garansi. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna memastikan keamanan dan perbaikan bug. []


Berita terkait
Microsoft Diizinkan Ekspor Perangkat Lunak ke Huawei
Pemerintah Amerika Serikat sudah memberikan lisensi kepada Microsoft untuk mengekspor perangkat lunaknya ke Huawei.
Bill Gates Pendiri Microsoft yang Dermawan
Bill Gates merupakan pendiri Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terkemuka di dunia. Dia salah satu orang terkaya di dunia.
Grab dan Microsoft Tingkatkan Literasi Digital
Grab berkerja sama dengan Microsoft dalam bentuk pelatihan untuk peningkatan keterampilan dan literasi digital.
0
Demi Kepentingan Pekerja, BPJAMSOSTEK Potong 90 Persen Iuran
Pada masa pandemi Covid-19 peserta BPJAMSOSTEK cukup membayar iuran 10 persen setiap bulan selama 3 bulan dan bisa diperpanjang 3 bulan berikutnya.