UNTUK INDONESIA
Bill Gates Pendiri Microsoft yang Dermawan
Bill Gates merupakan pendiri Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terkemuka di dunia. Dia salah satu orang terkaya di dunia.
Bill Gates. (Foto: livekindly.co)

Jakarta - Bill Gates memiliki nama asli William Henry "Bill" Gates III lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955. Bill Gates merupakan pendiri Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terkemuka di dunia. Bahkan, menurut Forbes, Bill Gates dinobatkan sebagai orang terkaya peringkat pertama di tahun 1995 – 2009.

Sejak kecil, Bill Gates merupakan anak yang cerdas dan rajin. Pada umur 11 tahun, ia dipindahkan orang tuanya untuk menempuh pendidikan di Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Sejak sekolah di sana, di tahun 1968 ia mulai dikenalkan dengan dunia komputer dan ia sangat cepat sekali menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman computer.

Bill Gates juga sering sekali menghabiskan waktunya dengan komputer selama berjam-jam menuliskan program, main game dan biasa mempelajari banyak hal mengenai komputer. Saat menjadi mahasiswa di Harvard, Bill Gates selalu menghabiskan waktunya dengan komputer kampus.

Keluarga Bill Gates

Pada 1 Januari 1994 Gates menikahi Melinda French. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga orang anak, yakni Jennifer Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002). 

Rumah keluarga Gates merupakan sebuah rumah bawah tanah di sisi sebuah bukit yang menghadap Lake Washington di Medina. Publik King County mencatat pada 2006 nilai total properti keluarga Gates adalah 125 juta US Dolar atau sekitar 1,7 Triliun rupiah, dan pajak properti setiap tahunnya sebesar 991.000 US Dolar atau sekitar 14 Miliar rupiah.

Bill dan Melinda GatesBill dan Melinda Gates, Juni 2009. (Foto: Wikipedia)

Selain di Microsoft, Gates memiliki beberapa investasi di perusahaan lain yang pada 2006 menggajinya sebesar 616.667 US Dolar, serta bonus 350.000 US Dolar, sehingga totalnya mencapai 966.667 US Dolar. Ia mendirikan Corbis, sebuah perusahaan gambar digital, pada tahun 1989. 

Pada tahun 2004 ia menjadi direktur Berkshire Hathaway, perusahaan investasi yang diketuai oleh sahabat lamanya, Warren Buffett. Pada Maret 2010, Bill Gates menempati peringkat kedua sebagai orang terkaya di dunia setelah dikalahkan Carlos Slim.

Mendirikan Microsoft

Pada tahun 1975, Bill Gates bersama temannya Paul Alles mendirikan Microsoft. Bagi Bill Gates teknologi akan terus bekembang. Microsoft merupakan sebuah versi dari bahasa pemograman BASIC dan juga Altar 8800 yang disebut sebagai komputer pribadi yang pertama di dunia. 

Bill Gates dan Paul AllenBill Gates dan Paul Allen. (Foto: Wikipedia)

Bill Gates sukses merilis sistem operasi pada tahun 1990 sehingga ia mendapatkan reputasi yang tak baik dalam bisnis yang ia jalani. Tidak jarang ia melakukan kesalahan dalam bisnis perangkat lunak tersebut.

Di tahun 1990 ia mendapatkan tuntutan dari departemen kehakiman Amerika Serikat dengan dakwaan Bill Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan kecil. Hingga akhirnya di tahun 2000an, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya dan ia kembali ke profesi lamanya, yakni sebagai Kepala Peneliti dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaan yang ia dirikan sendiri yakni Microsoft Corp.

Gaya manajemen

Sejak pendirian Microsoft tahun 1975 hingga 2006, Bill Gates memegang tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. 

Bill Gates mendapat reputasi sebagai orang tidak suka bersosialisasi dengan sekitar. Pada 1981 seorang eksekutif industri mengeluhkan Bill Gates dikenal sebagai orang yang  tidak bisa dihubungi melalui telepon dan tidak membalas panggilan telepon.

Selain itu, Bill Gates juga dikenal orang yang suka menyerang dengan memarahi manajer ketika mengetahui ada strategi bisnis atau proposal mereka yang menempatkan rencana jangka panjang perusahaan di ujung tanduk.

Bahkan, ia kerap memotong presentasi dengan komentar seperti, "Itu hal terbodoh yang pernah aku dengar!" dan, "Lebih baik kamu mengembalikan opsimu dan bergabung dengan Korps Perdamaian." Ketika bawahannya terlihat menunda-nunda pekerjaannya, Bill Gates kerap mengutarakan kata-kata sarkastik, "Biar aku saja yang mengerjakannya akhir minggu nanti."

Pada 15 Juni 2006, Gates mengumumkan akan berhenti dari posisinya selama dua tahun ke depan untuk memfokuskan diri pada aktivitas filantropi. Kemudian menyerahkan tugasnya kepada Ray Ozzie untuk manajemen harian dan Craig Mundie untuk strategi produk jangka panjang.

Filantropi

Yayasan ini mengizinkan para donatur mengakses informasi tentang bagaimana uang yayasan dikeluarkan. Bill Gates terinspirasi oleh kedermawanan dan filantropi luas David Rockefeller telah diakui sebagai pengaruh besar yayasan ini.Pada tahun 2000, Gates dan istrinya menggabungkan tiga yayasan keluarga menjadi satu dan membentuk yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation, yang saat ini merupakan yayasan amal yang beroperasi secara transparan terbesar di dunia.

Yayasan ini mengizinkan para donatur mengakses informasi tentang bagaimana uang yayasan dikeluarkan. Bill Gates terinspirasi oleh kedermawanan dan filantropi luas David Rockefeller telah diakui sebagai pengaruh besar yayasan ini.

Bill GatesBill Gates. (Foto: Instagram/@thisisbillgates)

Bill Gates dan ayahnya bertemu dengan Rockefeller beberapa kali dan mencontoh sebagian cara penyalurannya pada fokus filantropi keluarga Rockefeller, terutama masalah-masalah global yang diabaikan oleh pemerintahan dan organisasi lain. Pada tahun 2007, Bill dan Melinda Gates merupakan filantropis paling dermawan kedua di Amerka Serikat, dengan sumbangan untuk amal sebanyak $28 miliar.

Pada saat yang sama yayasan ini dikritik karena menginvestasikan aset yang belum didistribusikan dengan tujuan eksklusif memaksimalkan pulangan investasi. Akibatnya, investasi mereka meliputi perusahaan-perusahaan yang dituduh memperburuk kemiskinan di negara-negara berkembang yang justru keberadaannya berusaha dikurangi oleh yayasan ini.

Investasi mereka meliputi perusahaan-perusahaan yang banyak menghasilkan polusi, dan perusahaan farmasi yang tidak menjual produk-produknya ke negara berkembang. Sebagai tanggapan atas kritik pers, pada 2007 yayasan ini mengumumkan peninjauan atas semua investasinya untuk menilai tanggung jawab sosialnya.

Bill GatesBill Gates. (Foto: Instagram/@thisisbillgates)

Yayasan ini kemudian membatalkan peninjauan dan mempertahankan kebijakan investasi untuk pulangan maksimal, dan menggunakan hak suara untuk mempengaruhi praktik perusahaan.

Istri Bill Gates mengajak masyarakat untuk belajar dari usaha-usaha filantropi keluarga Salwen, yang menjual rumahnya dan menyumbangkan setengah nilainya, sebagaimana disebutkan dalam buku The Power of Half. 

Bill Gates dan istrinya mengundang Joan Salwen ke Seattle untuk membicarakan tentang hal-hal yang dilakukan oleh keluarga tersebut, dan pada 9 Desember 2010, Bill Gates, investor Warren Buffett, dan Mark Zuckerberg (CEO Facebook) menandatangani janji yang mereka sebut "Gates-Buffet Giving Pledge". Isinya adalah mereka berjanji untuk menyumbangkan setengah kekayaan mereka untuk amal secara bertahap.

Fakta Fakta Kekayaan Bill Gates

  1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!
  2. Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
  3. Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
  4. Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.
  5. Michael Jordan adalah atlit yg dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.
  6. Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.
  7. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.
  8. Bill Gates sekarang berumur 40 tahun. Jika kita mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum dia pergi ke surga.
  9. Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun!

Penghargaan

  1. Distinguished Fellow ke-20 di British Computer Society pada tahun 1994
  2. Doktorat penghormatan dari Nyenrode Business Universiteit, Breukelen, Belanda, pada tahunn 2000
  3. Doktorat penghormatan Royal Institute of Technology, Stockholm, Swedia pada tahun 2002
  4. Ceramah intisari di hadapan Golden Jubilee of the Indian Institute of Technology yang diadakan di San Jose, California; Waseda University, Tokyo, Jepang pada tahun 2005
  5. Ceramah intisari Tsinghua University, Beijing, Cina, pada bulan April 2007
  6. Ceramah intisari Harvard University pada bulan Juni 2007
  7. Ceramah intisari Karolinska Institutet, Stockholm, pada bulan Januari 2008
  8. Ceramah intisari Cambridge University pada bulan Juni 2009
  9. Anggota kehormatan Peking University pada tahun 2007
  10. Kehormatan Knight Commander of the Order of the British Empire (KBE) oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2005
  11. Para entomolog juga memberi nama bunga kembang Bill Gates, Eristalis gatesi, sebagai tanda penghormatan
  12. Bill Gates dan istrinya diberi penghargaan Order of the Aztec Eagle atas aktivitas filantropi mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan pada tahun 2006
  13. Bill Gates diberi penghargaan 2010 Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute atas pencapaiannya dalam bisnis dan aktivitas filantropinya pada tahun 2009
  14. Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America, penghargaan tertinggi untuk orang dewasa, atas jasanya kepada para pemuda pada tahun 2010 []
Berita terkait
Jeff Bezos Orang Terkaya di Dunia, Kalahkan Bill Gates
Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia versi majalah Forbes edisi Maret 2019, menggeser Bill Gates yang sudah jadi terkaya duluan.
Pacaran Beda Agama, Billy Syahputra: Jodoh Urusan Tuhan
Hubungan asmara Billy Syahputra dan Elvia Cerolline menuai pro dan kontra di mata publik karena keduanya beda keyakinan.
Foto: Beda Agama, Billy Syahputra Lamar Elvia Ceroline
Beda agama, Billy dan Elvia Ceroline saling mendukung dan menghargai. Mereka juga mendapat dukungan dari fans. Lihat foto-fotonya.
0
Solusi Polemik Aset First Travel Dirampas Negara
Pakar hukum memberikan solusi terkait jeritan ribuan korban First Travel lantaran hakim MA memutuskan aset First Travel dirampas negara.