UNTUK INDONESIA
Messi Kembali dan Cetak Gol Menangkan Barcelona
Bintang Barcelona Lionel Messi menjadi andalan saat beruji coba lawan Girona. Dia mencetak brace dan ini gol pertama sejak ingin pergi dari Barca.
Bintang Barcelona Lionel Messi (tengah) dikepung pemain Girona di pertandingan uji coba di Stadion Johan Cruyff, Kamis, 17 September 2020 dini hari WIB. Dia mencetak brace dan membawa Barca menang 3-1 di laga itu. (Foto: fcbarcelona.com)

Jakarta - Bintang Barcelona Lionel Messi tetap menjadi andalan dan mencetak brace saat membawa tim menang 3-1 atas Girona di laga uji coba di Stadion Johan Cruyff, Kamis, 17 September 2020 dini hari WIB. Ini menjadi gol pertama Messi sejak dirinya menyatakan keinginan untuk meninggalkan Barca. 

Pada laga uji coba pertama saat menang 3-1 melawan Gimnastica Tarragona, Messi belum menunjukkan ketajamannya. Namun dia akhirya bisa melakukannya saat melawan tim dari divisi 2 ini. 

Laga uji coba itu sangat berarti bagi pelatih Ronald Koeman dan tim. Skema 4-2-3-1 yang kembali dimainkan berjalan dengan baik. Perombakan yang dilakukan eks pelatih tim nasional Belanda ini memang berjalan mulus. 

Messi sangat penting bagi kompetisi kami. Dia adalah pemain yang dilahirkan dari kompetisi kami

Sebelumnya, Barca terpaku dengan skema 4-3-3  yang dipertahankan para pelatih di era sebelumnya. Termasuk Quique Setien yang digantikan Koeman. Kini pelatih yang pernah menjadi pilar pertahanan Blaugrana pada era 1990-an ini menawarkan hal baru yang mulai bisa diadaptasi oleh pemain. 

Di laga itu, Messi kembali menunjukkan peran penting dia bagi tim. Dirinya tetap menjadi pilar kekuatan Los Cules. Kapten tim nasional Argentina ini berperan dalam proses terciptanya gol pertama oleh Philippe Coutinho di menit 21. 

Gol Coutinho menandai kebangkitan pemain timnas Brasil yang musim lalu dipinjamkan ke Bayern Munich ini. Dirinya gagal menunjukkan penampilan terbaik saat ditangani pelatih Ernesto Valverde dan Setien.

Namun dirinya tampil maksimal pada 2 laga uji coba. Saat melawan Gimnastica, Coutinho yang masuk menggantikan Antoine Griezmann juga mencetak gol dari titik penalti.

Performa bagus yang ditampilkan pemain berusia 28 ini seperti menjadi sinyal dirinya tidak dijual atau dipinjamkan ke klub lain. Apalagi Koeman juga mempertimbangkan tidak melepas Coutinho. 

Philippe CoutinhoPemain depan Barcelona Philippe Coutinho (kanan) merayakan gol di pertandingan uji coba melawan Girona di Stadion Johan Cruyff, Kamis, 17 September 2020 dini hari WIB. Barca menang 3-1 di laga itu. (Foto: fcbarcelona.com)

Setelah unggul 1-0, Barca memperbesar keunggulan lewat gol Messi di menit 45. Gawang Barca yang dikawal kiper Neto memang kebobolan saat babak ke-2 baru dimulai. Gol Girona dihasilkan Samuel Saiz di menit 46. 

Namun juara Liga Champions 5 kali ini mengukuhkan kemenangan lewat gol ke-2 Messi di menit 49. Tak lama kemudian pemain berusia 33 itu ditarik keluar. 

Messi Bikin La Liga Bergairah

Kembalinya Messi tampaknya membuat Barca bergairah. Bahkan Presiden La Liga Javier Tebas menyambut gembira saat pemain yang sudah membawa tim memenangi 10 kompetisi domestik ini memutuskan bertahan di Spanyol. Menurut dia La Pulga sangat penting bagi La Liga. 

Saat Messi berseteru dengan Barca terkait klausul kontraknya, La Liga memang mendukung klub. Mereka menyatakan klausul Messi yang bisa meninggalkan Barca di akhir musim tidak berlaku karena sudah lewat masa tenggatnya. Bila hengkang dari Camp Nou, klub yang membelinya harus menebus dia sesuai klausul buy-out yang mencapai 700 juta euro. 

"Messi sangat penting bagi kompetisi kami. Dia adalah pemain yang dilahirkan dari kompetisi kami. Dan, saya berharap dia mengakhiri kariernya di liga kami," kata Tebas seperti dikutip ESPN.

Sementara, Koeman memberi perhatian pada Coutinho yang tampil memuaskan di 2 laga uji coba. Menurut dia Coutinho merupakan pemain yang butuh dukungan penuh dari pelatih. 

Baca juga:

Depay Gantikan Suarez Duet Bareng Messi di Barcelona

Barcelona Menang Perkara, Messi Tunggu Kontrak Habis

"Coutinho bermain bagus. Menurut saya dia dalam kondisi terbaik karena berlatih dan bermain dengan baik. Dia pemain yang berkualitas. Semua pemain butuh dukungan dan bantuan dari pelatih," ujar dia.

Di laga itu, Koeman menurunkan 20 pemain. Namun 2 senior, Luis Suarez dan Arturo Vidal, tidak termasuk yang dimainkan. Ini kian menguatkan sinyal bila mereka bakal dilepas klub. Bahkan Vidal hampir dipastikan bergabung dengan Inter Milan. Sedangkan Suarez batal pindah ke Juventus. []

Berita terkait
Barcelona Bantah Beli Depay, Ini Penyebabnya
Barcelona membantah telah merekrut striker Lyon Memphis Depay. Sebelumnya, Barca dikabarkan mencapai kesepakatan dengan Lyon untuk transfer Depay.
Tanpa Suarez, Wajah Baru Barcelona di Uji Coba
Barcelona tampil dengan wajah baru saat melakoni uji coba, Tidak ada striker Luis Suarez dan pelatih Ronaldo Koeman mainkan skema yang berbeda.
Barcelona Menangi Perang, Messi Batal Hengkang
Barcelona memenangi pertarungan melawan pemain sendiri, Lionel Messi. Sang kapten hampir dipastikan bertahan sampai kontrak selesai pada 2021.
0
Messi Kembali dan Cetak Gol Menangkan Barcelona
Bintang Barcelona Lionel Messi menjadi andalan saat beruji coba lawan Girona. Dia mencetak brace dan ini gol pertama sejak ingin pergi dari Barca.