Menteri PPPA: Mendongeng Kuatkan Ikatan Batin dengan Anak

Membacakan dongeng dan bercerita pada anak merupakan stimulasi yang sangat baik bagi perkembangan otak, imajinasi, kemampuan berbahasa.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga. (Foto:Tagar/KemenPPPA)

Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyebut bahwa mendongeng dapat menjadi cara untuk menguatkan ikatan batin antara anak dengan orang tua atau pengasuhnya. 

Membacakan dongeng dan bercerita pada anak merupakan stimulasi yang sangat baik bagi perkembangan otak, imajinasi, kemampuan berbahasa, dan mengolah emosi bagi anak. Hal ini menjadi penting dilakukan, terutama dalam masa tumbuh kembang anak.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari bercerita dan mendongeng bagi anak, khususnya dalam menunjang tumbuh kembang anak dan menghadirkan nilai-nilai keteladanan dan kebahagiaan dalam keluarga

Terutama dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak belajar dari rumah, mereka tentunya sudah merasa bosan, resah, dan khawatir dengan situasi yang tidak menentu ini.

"Menjaga anak-anak dari keterpaparan Covid-19 memang harus menjadi prioritas. Meskipun demikian, tumbuh kembang anak juga harus menjadi perhatian utama sebab periode tumbuh kembang anak ini tidak dapat terulang," kata Menteri Bintang di Webinar Dongeng Nusantara Yayasan Atsanti pada Sabtu, 13 Februari 2021.

"Banyak sekali manfaat yang didapat dari bercerita dan mendongeng bagi anak, khususnya dalam menunjang tumbuh kembang anak dan menghadirkan nilai-nilai keteladanan dan kebahagiaan dalam keluarga," lanjut dia.

Dia juga menyebut, lewat mendongeng orang tua juga bisa mengajarkan kekayaan budaya dan tradisi dari seluruh nusantara. Salah satu kekayaan nusantara yang wajib dijaga dan dilestarikan adalah dongeng atau cerita rakyat Indonesia.

"Untuk itu, bagi orang tua dan pengasuh marilah kita bersama-sama memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan momen kebersamaan bersama anak sebagai proses berharga untuk menguatkan kembali relasi dengan anak-anak kita. Terpusatnya hampir seluruh aktivitas di rumah bisa kita manfaatkan untuk membangun kelekatan emosional dengan anak dengan cara komunikasi dengan anak secara terbuka, menjadi pendengar yang baik, beraktivitas bersama-sama dengan anak, salah satunya melalui bercerita atau mendongeng," jelasnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Menteri PPPA: Perempuan Pelaku UMKM Menopang Ekonomi Bangsa
Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengungkapkan perempuan pelaku UMKM menopang ekonomi bangsa saat masa pandemi.
Menteri PPPA Sebut 5 Isu Prioritas Arahan Presiden
Menteri PPPA Bintang Puspayoga menyebut bahwa ada lima isu prioritas sektor perlindungan perempuan dan anak.
Menteri PPPA Kecam Paham Ajakan Tak Takut Nikah Muda
Menteri PPPA, Bintang Puspayoga juga mengecam adanya kelompok tertentu yang memiliki paham dan pergerakan mengajak untuk tidak takut nikah muda.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.