Menteri Kesehatan Brasil Positif Covid-19

Menteri Kesehatan (Menkes) Brasil dinyatakan positif Covid-19 setelah hadiri sidang umum PBB di New York, AS
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (ketiga dari kiri), dan Menkes Brasil, Marcelo Queiroga (kedua dari kanan), saat makan pizza di pinggir jalan New York jelang Sidang Umum PBB 2021 karena tidak boleh makan di dalam restoran (Foto: dw.com/id)

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Brasil dinyatakan positif Covid-19 setelah hadiri sidang umum PBB di New York, AS. Fotonya bersama Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang tak memakai masker saat makan pizza memicu kegemparan di media sosial.

Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa, 21 September 2021, setelah menghadiri sidang Majelis Umum PBB di New York, mendampingi presidennya, Jair Bolsonaro.

"Anggota delegasi lainnya telah dites dan negatif," kata siaran pers resmi pemerintah Brasil.

Queiroga, yang telah melakukan vaksinasi Covid-19, adalah anggota kedua dari rombongan Bolsonaro yang dinyatakan positif Covid-19 sejak tiba di New York untuk menghadiri pertemuan PBB.

Menteri kesehatan berusia 55 tahun itu akan tetap berada di Amerika Serikat (AS) untuk masa isolasi, meskipun delegasi lainnya telah kembali ke Brasil.

Bolsonaro terkenal sebagai tokoh anti vaksinasi. Presiden Brasil ini muncul tanpa masker pada beberapa kesempatan selama perjalanan, dan terus mengulangi pernyataan bahwa dia akan menjadi "orang terakhir" Brasil yang menerima vaksin.

Queiroga menemani Bolsonaro pada beberapa acara, termasuk pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Senin, 20 September 2021.

Dia "baik-baik saja," kata pernyataan pemerintah itu. Queiroga menulis di Twitter bahwa sambil mengikuti "semua protokol keamanan kesehatan," kementerian "akan terus mengambil tindakan tegas untuk menangani pandemi di Brasil."

Makan ramai-ramai di pinggir jalan tanpa masker

Bolsonaro memicu kegemparan di media sosial setelah publikasi sebuah foto yang menunjukkan dia bersama sejumlah anggota delegasinya berkerumun makan pizza di kaki lima di New York. Penyebabnya, presiden Brasil itu ditolak masuk ke sebuah restoran mewah di New York karena belum divaksinasi Covid-19. Aturan gastronomi di kota metropolitan AS itu hanya memperbolehkan orang yang sudah divaksinasi makan di dalam restoran.

Pada foto itu terlihat, hampir seluruh elit poltik Brasil yang terpaksa mengudap di pinggir jalan itu tidak memakai masker. Kecuali Menteri Kesehatan Queiroga, yang mengenakan masker di bawah dagunya.

Bolsonaro adalah satu-satunya pemimpin dalam G20 yang belum divaksinasi Covid-19. Ia banyak dikecam karena penanganan pandemi yang kontroversial di negaranya. Pandemi virus corona telah merenggut lebih dari 591.000 nyawa di Brasil.

Dalam pidatonya di depan Sidang Umum, Bolsonaro membuat beberapa pernyataan yang menyesatkan atau tidak akurat, beberapa di antaranya terkait dengan pandemi, demikian menurut tim Factcheck AFP [pkp/as (AFP, AP)]/dw.com/id. []

Jumlah Kasus Covid-19 di Brasil Tembus 20 Juta

Covid-19 di Brasil Menyebar Bak Tarian Samba

Covid-19 Brasil Geser Spanyol dari Peringkat 3 Dunia

Covid-19 Brasil Jumlah Kasus Tembus Angka 200.000

Berita terkait
Jumlah Kasus Covid-19 di Brasil Tembus 20 Juta
Pandemi Covid-19 di Brasil terus bergejolak yang akhirnya menambah jumlah kasus positif tembus 20 juta yaitu 20.026.533
0
Jajanan Jadul yang Mengingatkan Masa Kecil
Bermodalkan dengan gerobak atau pikulan serta dengan harga yang murah dan tampilan yang mengiurkan menjadikan daya pikat bagi anak kecil.