Mentan Pastikan Stok Gula Putih Aman Hingga Lebaran

Mentan Syahrul Yasin Limpo memastikan tidak akan ada kelangkaan gula pasir putih saat pandemi corona sampai Idul Fitri mendatang.
Ilustrasi gula putih. (Foto: Pixabay/Tafilah Yusof)

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan tidak akan ada kelangkaan gula pasir putih saat pandemi corona (Covid-19) hingga Idul Fitri. Sebab, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pihaknya diminta melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat.

"Termasuk salah satunya mengajak pabrik gula rafinasi ini untuk ikut membantu memenuhi kebutuhan gula masyarakat. Kami minta untuk memproduksi gula pasir putih konsumsi," kata Syahrul melalui keterangan di Jakarta, Kamis, 2 April 2020 seperti dilansir dari Antara.

Menteri PertanianMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat panen raya di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Rabu 12 Februari 2020. (Foto: Dok. Tagar)

Industri dan pabrik gula rafinasi, nantinya diminta untuk mengolah raw sugar atau gula mentah menjadi gula kristal putih yang biasa dikonsumsi masyarakat dengan harga sesuai acuan, yakni Rp 12.500 per kilogram (kg).

Dengan begitu, kata dia ketersediaan gula akan cukup jelang Ramadhan dan Idul Fitri. Karena, didukung juga dengan panen tebu di sejumlah wilayah yang masa giling tebu diprediksi terjadi Mei dan Juni mendatang.

"Kami yakin stok aman. Kita punya persiapan 250.000 ton gula dari pabrik-pabrik yang ada, ditambah gula impor yang masuk hingga 150.000 ton, serta Juni nanti dari petani kita akan ada panen jumlahnya sekitar 500.000 ton sampai dengan 600.000 ton," kata dia.

Ia juga memantau pendistribusian gula pasir putih dengan bantuan dari Polri dan TNI. Agar tak ada hambatan bagi pendistribusian pangan termasuk gula ke berbagai daerah.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir nasional hingga Kamis, 2 April 2020 sudah mencapai Rp 18.350 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga acuan tingkat konsumen sebesar Rp 12.500 per kg. []

Berita terkait
Harga Gula Mahal, Pedagang Aceh Mulai Menjerit
Akibat virus corona, sejumlah gula pasir di Aceh mulai langka dan mahal.
Kelangkaan Gula Masih Menjadi Ancaman di Jawa Timur
Stok gula di Jawa Timur semakin menipis, sementara gula impor tak kunjung datang juga. Ini membuat kelangkaan gula menjadi ancaman bagi masyarakat.
Covid-19 Buat Bawang Putih Mahal, Keran Impor Dibuka
Dirjen Perdagangan dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan pihaknya menyetujui relaksasi izin impor bawang putih dan bawang bombai.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.