UNTUK INDONESIA
Covid-19 Buat Bawang Putih Mahal, Keran Impor Dibuka
Dirjen Perdagangan dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan pihaknya menyetujui relaksasi izin impor bawang putih dan bawang bombai.
Warga membeli bawang putih saat operasi pasar di kawasan Pasar Raya, Padang, Sumatera Barat, Senin, 17 Februari 2020. (Foto: Antara/Iggoy el Fitra/aww)

Jakarta - Direktur Jenderal Perdagangan dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengatakan pihaknya menyetujui relaksasi izin impor bawang putih dan bawang bombai. Pasalnya, pemerintah ingin menjaga kestabilan harga bawang saat virus corona atau Covid-19 belum mereda.

"Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27 tahun 2020 tentang perubahan peraturan impor produk-produk hortikultura, sehingga bawang putih dan bawang bombai tidak perlu lagi izin impor," kata Suhanto dalam teleconfrence di Jakarta, Rabu, 25 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Setop Impor, YLKI: Momen Kejayaan Bawang Putih Lokal

Bawang PutihPedagang bawang putih di Pasar Legi, Solo. (Foto: Dok. Tagar)

Meski saat ini harga bawang putih di pasaran telah mengalami penurunan. Pihaknya menilai harga tersebut belum 'wajar' untuk masyarakat, maka dari untuk menstabilkannya perlu impor.

"Menurut kami itu masih terlalu tinggi, sehingga pemerintah memberikan relaksasi impor untuk bawang putih dan bawang  bombai," tuturnya.

Keputusan relaksasi impor bawang putih dan bawang bombai ini pun telah disetujui oleh Kepala Badan Karantina Kementrian Pertanian (Kementan). Padahal, sebelumnya Kementan mengeluarkan aturan penghapusan sementara atau pembebasan pengajuan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RPIH).

Kementan melalui Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menerbitkan RPIH untuk bawang putih sebanyak 344.094 ton, sedangkan bawang bombai sebesar 194.832 ton. []

Berita terkait
Pemerintah Harus Batasi Impor Bawang Putih China
Kelangkaan bawang putih membuat harga salah satu komoditas kebutuhan rumah tangga ini meroket hingga Rp 70.000 per kilogram.
Terungkap, Bawang Putih Picu Inflasi Februari
BPS melansir data bahwa inflasi yang terjadi pada Februari 2020 adalah sebesar 0,28 persen, salah satu penyumbangnya adalah bawang putih.
Ikappi Nilai Impor Bawang Putih Tak Ubah Harga Pasar
Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri menanggapi keputusan Kementan menerbitkan izin Rekomendasi Impor Produk Hortikultura bawang putih dari China.
0
Kota Tegal Diblokir Beton, Resmi Isolasi Wilayah
Wilayah perbatasan Kota Tegal diblokir pakai beton. Kebijakan isolasi wilayah cegah virus corona resmi berlaku.