Mensos Korupsi Bansos Covid-19, Janji Hukuman Mati dari Firli Dinanti

Firli Bahuri pernah menyebut akan memberi ancaman hukuman mati bagi pelaku korupsi anggaran penanganan pandemi Covid-19.
Ketua KPK Firli Bahuri sedang masak nasi goreng. (foto: istimewa).

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri pernah menyebut akan memberi ancaman hukuman mati bagi pelaku korupsi anggaran penanganan pandemi Covid-19.

Mengingat itu, Pengamat politik Ujang Komarudin menyebut janji yang  dilontarkan Firli adalah utang, dan harus direalisasikan. Kata dia, masyarakat akan menagih pernyataan tersebut.

Jaksa KPK yang ajukan tuntunan hukuman mati itu. Dan ujungnya tetap pengadilan yang memutuskan

Sebab, lembaga antirasuah itu baru saja mengungkap korupsi program Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 yang melibatkan Menteri Sosial Juliari P Batubara, sekaligus politisi PDI Perjuangan.

"Jika itu sudah janji, maka harus direalisasikan. Janji adalah utang. Jadi utang itu akan ditagih oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Ujang kepada Tagar, Minggu, 6 Desember 2020.

Dia menyebut, KPK tidak boleh memilah-milah dalam menegakkan hukum. Lantas, tambahnya, pelaku tindak pidana korupsi yang berasal dari partai apapun harus ditindak.

"Harusnya KPK tak pandang bulu. Siapapun harus disikat dan ditangkap jika mereka korupsi. Apapun partainya," ujarnya.

Menyoal pada janji tersebut, Ujang menyebut kemungkinan KPK menuntut hukuman mati. Namun, yang memberikan keputusan adalah pengadilan.

"Namun KPK bukan lembaga peradilan. Mungkin KPK akan menuntut korupsi dana Covid-19 dengan tuntutan mati. Tapi tetap pengadilan yang akan memutuskan," kata dia.

"KPK yang harus mengajukan tuntutan itu. Jaksa KPK yang ajukan tuntunan hukuman mati itu. Dan ujungnya tetap pengadilan yang memutuskan," ucap ujang menambahkan.[]

Berita terkait
Firli Bahuri Singgung Hukuman Mati, Eks KPK: Tak Perlu Banyak Slogan
Eks Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK Febri Diansyah meminta Ketua KPK Firli Bahuri tak perlu banyak slogan hukum mati koruptor, cukup kerja.
Dua Menteri Jokowi Ditangkap KPK, Deddy Corbuzier Kecewa
Deddy Corbuzier yang pernah mengundang dua orang menteri Jokowi di acara podcast yang diasuhnya, mengaku kecewa dengan penangkapan KPK.
Kemensos Beri Akses Penuh Proses Hukum Juliari Batubara di KPK
Kementerian Sosial berjanji akan membuka akses informasi untuk bekerja sama penuh dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
0
Pemerintah Alokasikan Rp 400 M Uji Klinis Vaksin Merah Putih
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 400 miliar untuk uji klinis vaksin merah putih.