Vokasi Kemdikbud

Mensos Dukung Pengembangan Digital Teknologi Bagi Penyandang Disabilitas

Mensos menyatakan dukungannya pada penggunaan digital teknologi untuk pemberdayaan perempuan dan khususnya bagi para penyandang disabilitas.
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto:Tagar/Tantri)

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menghadiri acara launching Shehack 2021 pada Rabu, 9 Juni 2021. Program tersebut, dibuat oleh Indosat Ooredo untuk memberdayakan perempuan dengan pendampingan memecahkan masalah dengan solusi yang nyata.

Saya sampaikan kenapa mencoba bentuknya digital karena kalau kita mengadakan misalnya tuna netra harusnya nyetak braille itu akan sangat berat sekali dan lama prosesnya.

Ditemui usai mengikuti acara tersebut, Mensos menyatakan dukungannya pada penggunaan digital teknologi untuk pemberdayaan perempuan dan khususnya bagi para penyandang disabilitas. Penggunaan digital teknologi menurut Mensos bahkan mampu membantu masyarakat yang berada dipedalaman.

"Sebetulnya digital teknologi sangat-sangat membantu terutama sodara-sodara kita yang ada dipedalaman. Artinya sebetulnya pengetahuan sudah tidak ada lagi hambatan jika kita bisa menggunakan digital teknologi untuk kita bisa berprestasi," tutur Risma, saat diwawancarai Tagar di Jakarta, Rabu, 9 Juni 2021.

Mensos Risma juga menegaskan, penggunaan digital teknologi sedang ia terapkan di Kemensos untuk membantu para penyandang disabilitas. Dalam hal ini, Risma akan membuat sebuah metode pembelajaran baru bagi para penyandang disabilitas agar bisa membantu dan mempermudah mereka mendapatkan informasi.

Tri RismahariniMenteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto:Tagar/Tantri )

"Saya sampaikan kenapa mencoba bentuknya digital karena kalau kita mengadakan misalnya tuna netra harusnya nyetak braille itu akan sangat berat sekali dan lama prosesnya," tegas Mensos.

Oleh sebab itu, Risma merubah bentuknya dengan pembelajaran, seperti bagaimana pertanian, bagaimana menanan sayur yang baik.

“Itu bentuk digital sehingga nanti akan lebih mudah penyebarannya dan lebih bisa cepat diterima, misalkan tuna netra mereka mendapat materi itu dalam bentuk suara, ini sedang saya coba kembangkan di Indonesia," sebutnya. []

Berita terkait
Mensos Minta Pelayanan Terhadap PPKS Diprioritaskan
Pelayanan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menjadi prioritas seperti gelandangan, pengemis atau Orang Dengan Gangguan Jiwa.
Kemensos Gandeng Bertha Latih Vokal Anak Disabilitas di Konser Asia Pasifik 2022
Kemensos menggandeng Talenta Svara Bertha untuk pelatihan musik dan vokal anak-anak disabilitas dalam konser Asia Pasifik 2022.
Tangani Stunting, Kemensos Tingkatkan SDM Tenaga Pendamping
Menteri Sosial Tri Rismaharini telah memerintahkan jajarannya mempersiapkan dan meningkatkan kapasitas SDM pendamping Program Keluarga Harapan.
0
Mensos Dukung Pengembangan Digital Teknologi Bagi Penyandang Disabilitas
Mensos menyatakan dukungannya pada penggunaan digital teknologi untuk pemberdayaan perempuan dan khususnya bagi para penyandang disabilitas.