UNTUK INDONESIA
Menpora Ungkap Keadaan Terkini Evan Dimas
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membeberkan kondisi cedera terkini Evan Dimas yang ditarik keluar saat Final Sea Games melawan Vietnam.
Pemain timnas U-23 Evan Dimas (memakai kursi roda) sudah memaafkan pemain Vietnam Doan Van Hau yang mencederainya dengan menginjak kaki sehingga dirinya ditarik keluar di laga final sepak bola SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa 10 Desember 2019. Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di laga itu. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Surabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membesuk gelandang Timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono usai didera cedera saat melawan Timnas Vietnam di babak Final Sea Games, 10 Desember 2019.

Zainudin mengaku sangat senang mendengar langsung dari Evan mengenai perkembangan kaki kirinya yang terkena tendangan Van Hau dari belakang saat Final Sea Games, untungnya tidak mengalami keretakan.

"Perkembangan bagus. Tidak sampai retak," ujar Zainudin usai menjenguk Evan Dimas di kediamannya di Surabaya, Sabtu 28 Desember 2019.

Tetap harus dijaga karena ini di kaki. Modalnya di kaki, asetnya ini di kaki. Lihat sendiri kakinya masih bengkak.

Meski kakinya tidak retak, Zainudin membuka hasil pemeriksaan dokter yang menangani Evan Dimas. Diperkirakan pemain andalan PS Barito Putera itu bisa kembali merumput sekitar sebulan.

"Buat Kemenpora sedikit cedera tetap menjadi masalah. Informasi dari dokter kira-kira tidak sampai sebulan sudah bisa," kata Menpora.

Amali Evan DimasMenpora Zainudin Amali saat menjenguk Evan Dimas di Surabaya, Sabtu 28 Desember 2019. (foto: Tagar/Adi Suprayitno).

Mantan Anggota DPR RI itu berharap Evan Dimas dapat beristirahat penuh menjaga kebugaran. Terutama menjaga pergelangan kaki kirinya yang masih terlihat bengkak.

"Tetap harus dijaga karena ini di kaki. Modalnya di kaki, asetnya ini di kaki. Lihat sendiri kakinya masih bengkak," ucapnya tegas.

Zainudin menilai memang ada unsur kesengajaan untuk menyingkirkan Evan Dimas dengan cara kasar di babak Final Sea Games 2019. Dengan begitu, eks penggawa Persebaya itu pada akhirnya mesti ditarik keluar, digantikan Syahrian Abimanyu.

"Memang waktu itu saya menyaksikan langsung di Stadion Rizal Memorial. Kelihatan sengaja Evan Dimas diambil secara kasar," kata Zainudin dengan nada jengkel.

Menpora sudah mendapat instruksi dari Sekjen PSSI Ratu Tisha, soal kondisi Evan Dimas harus dipantau berkala. Terlebih saat ini Timnas Indonesia mempunyai arsitek baru dari Korea Selatan, Shin Tae-Yong, yang ingin menjajal peran Evan sebagai playmaker Timnas Indonesia.

"Jadi ini harapan besar saya, tinggal teken Evan Dimas dan diharapkan dia bisa maksimal lagi sepak bola-nya," kata Menpora Amali.

Pada kesempatan itu Evan Dimas berharap dirinya dapat segera pulih karena cederanya tidak begitu parah. Dalam sebulan ke depan, dia bakal melakukan terapi kaki kirinya, agar kondisi membaik.

"Bersyukur sekali saya, sekarang tinggal pemulihan dan penguatan. Terapi bengkak kaki selama sebulan," kata Evan Dimas. []

Berita terkait
Cederai Kakinya, Evan Dimas Maafkan Pemain Vietnam
Gelandang Evan Dimas memaafkan pemain Vietnam yang menginjak kakinya di final SEA Games 2019. Tanpa Evan, Indonesia kalah 0-3 dan gagal raih emas.
Risma Siapkan Pesta Rakyat untuk Evan Dimas
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendoakan Timnas Indonesia U-23 dan Evan Dimas bisa meraih medali emas di SEA Games 2019.
Ilham Udin Diincar Selangor FA, Evan Dimas Ditawarkan Gaji Rp270 Juta
Media Goal Thailand, melaporkan bahwa klub Selangor FA, Malaysia, mengincar Ilham Udin Armaiyn dan menawarkan gaji Evan Dimas Rp270 Juta.
0
Dituduh Mencuri, Kakek di Malaka NTT Tewas Dibacok
Karena dituduh hendak mencuri sapi, seorang kakek di Malaka Nusa Tenggara Timur (NTT) tewas dibacok.