UNTUK INDONESIA
Menpora Respons Atlet Dicoret Karena Tak Perawan
Menpora Zainudin Amali merespons tuduhan atlet senam lantai putri dalam SEA Games 2019 dicoret karena tidak perawan.
Atlet panjat tebing Indonesia Kharisma Ragil Rakasiwi memanjat tebing dalam babak semifinal nomor lead putri pada kejuaraan Panjat Tebing Asian Championship 2019 di area Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat 8 November 2019. Atlet Indonesia Widia Fujiyanti dan Kharisma Ragil Rakasiwi berhasil melaju ke babak final kejuaraan tersebut. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membantah tuduhan atlet senam lantai putri dalam SEA Games 2019 di Filipina dicoret dari kontingen Indonesia karena tidak perawan.

Tidak disertakan di SEA Games dan digantikan oleh atlet lain yang peringkatnya jauh lebih tinggi.

Kepada Zainudin, Persani (Persatuan Senam Indonesia) menegaskan info pemulangan Shalfa Avrila Siani karena tidak perawan itu hoaks. Prestasi yang disandang atlet kota asalnya Kediri tersebut menjadi sebab utamanya.

"Kemenpora tentu cukup prihatin dengan kejadian tersebut. Kami sudah langsung komunikasi dengan Persani," kata Amali saat dikonfirmasi, Jumat, 29 November 2019.

Zainudin menerangkan pelatih atlet berusia 17 tahun itu memberitahu bahwa Shalfa tidak disiplin dan tidak fokus dalam menjalani latihan. Maka, kata dia, terjadi pergantian atlet.

"Yang benar kata Pak Indra (pelatihnya yang di Jatim) bahwa atlet tersebut indisipin dan kurang fokus dan berdampak prestasi menurun. Sehingga diputuskan oelh pelatihnya, tidak disertakan di SEA Games dan digantikan oleh atlet lain yang peringkatnya jauh lebih tinggi," ucapnya.

Zainudin menjelaskan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus memantau berbagai hal terkait kegiatan yang dilakukan pada kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina. Dia juga mengatakan terus mengikuti perkembangan baik penurunan semangat maupun raihan prestasi para atlet. 

Berita terkait
Menpora Yakin Indonesia Raih Banyak Medali Sea Games
Menpora Zainudin Amali mengaku optimistis para kontingen Indonesia yang bertanding pada SEA Games 2019 Filipina dapat meraih banyak medali.
Menanti Sikap Jentelmen Menpora Malaysia Syed Saddiq
Menunggu sikap jeltelmen Menpora Malaysia Syed Saddiq setelah suporter tim nasional (timnas) Indonesia dikeroyok di negeri Jiran.
Jokowi Lepas 841 Atlet Indonesia ke Sea Games 2019
Presiden Jokowi melepas kontingen Indonesia untuk Sea Games 2019 Filipina di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.
0
Kunjungi Jakarta, Figo Promosikan EURO 2020
Legenda Portugal Luis Figo mengunjungi Jakarta mempromosikan EURO 2020, Minggu 26 Januari 2020. Piala Eropa edisi ke-60 ini digelar di 13 kota.